Home Kesehatan

Ibu Menyusui Baiknya Konsumsi Makanan Sehat Ini

Makanan sehat ini bagus loh Ibu konsumsi ketika menyusui, Simak daftarnya yuk Bu!

41
0
SHARE

Selama menyusui, penting bagi Ibu untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang tinggi kandungan nutrisi. Selain menyehatkan, makanan tersebut dipercaya mampu memenuhi kecukupan ASI, sehingga bayi tidak akan kekurangan asupan air susu dari Ibu. Di samping itu, makanan sehat pun bisa membantu proses tumbuh kembang bayi. Tidak hanya makanan, saat menyusui Ibu juga bisa mencukupi kebutuhan ASI dengan cara rutin meminum susu ibu menyusui.

susu ibu menyusui
source : liputan6

Lantas, makanan apa sajakah yang baiknya Ibu konsumsi ketika menyusui? Langsung yuks disimak daftarnya disini seperti kutipan dari alodokter.com;

  1. Telur. Ibu pasti sudah tidak asing dengan telur? Telur merupakan salah satu makanan yang bagus untuk ibu menyusui, karena kaya akan kandungan protein yang memang sangat dibutuhkan tubuh sekaligus bayi. Protein sendiri berperan penting untuk membentuk struktur sel bayi, sehingga bisa terbentuk dengan sempurna. Jika ingin memperoleh khasiat lebih, Ibu bisa memilih telur yang sudah difortifikasi DHA.
  2. Sayuran hijau. Seperti yang kita ketahui, sayuran hijau memang baik untuk tubuh, khususnya untuk ibu menyusui serta bayi. Sebab, tersimpan kandungan vitamin C, kalsium, antioksidan, dan vitamin yang dapat membantu menyehatkan jantung. Selain itu, sayuran hijau ini pun rendah kalori, sehingga tidak akan membuat berat badan Ibu naik selama menyusui. Untuk jenis sayurannya sendiri Ibu bisa mengonsumsi bayam, brokoli, buncis, asparagus, dan sebagainya.
  3. Beras Coklat. Sekarang ini, sudah banyak pilihan beras yang bisa Ibu konsumsi, salah satunya adalah beras coklat. Beras coklat sendiri mengandung serat sekaligus nutrisi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jenis beras satu ini pun tidak akan menaikkan gula darah Ibu saat menyusui, karena memang rendah kalori. Konsumsilah beras ini ketika makan baik di pagi, siang, maupun malam hari.
  4. Ikan salmon. Di dalam salmon tersimpan kandungan DHA yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu proses perkembangan saraf otak bayi. Maka dari itu, Ibu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan ini selama menyusui. Hanya saja, untuk pengonsumsiannya, Ibu perlu membatasi misalnya 12 ons perminggu, lantaran takutnya mercuri yang terdapat dalam ikan bisa membahayakan tubuh bayi.

Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi, ada baiknya Ibu juga tahu bagaimaana cara atasi stres saat mengurus si kecil. Sebab cukup banyak ibu yang baru memiliki anak mengalami stres. Biasanya disebabkan oleh ketakutan ibu jika terjadi sesuatu pada sang anak. –SH–

LEAVE A REPLY