Home Kesehatan

ASI Berlimpah dengan Konsumsi Kurma

Benarkah kurma mampu melancarkan ASI? Simak langsung pembahasannya di artikel ini!

46
0
SHARE

Benarkah kurma bisa melancarkan ASI? Mungkin, pertanyaan ini akan langsung terbersit di kepala Ibu ketika ada yang memberi info jika kurma bagus untuk memperlancar ASI selain mengonsumsi minuman pelancar ASI. Namun, kenyataan ini memang benar adanya kok, Bu. Sebab, dalam kurma ini sendiri tersimpan berbagai macam nutrisi yang mampu meningkatkan produksi ASI Ibu saat menyusui. Akan tetapi, baiknya Ibu tidak mengonsumsi kurma ini secara berlebihan, karena tinggi kalori dan gula.

minuman pelancar ASI
source : hello sehat

Berikut ini kami beri sedikit ulasan mengenai kandungan yang tersimpan di dalam kurma sekaligus khasiatnya untuk ibu menyusui, berdasarkan hasil rangkuman dari situs alodokter:

  1. Kalsium. Kurma sendiri mengandung senyawa kalsium yang dipercaya mampu membuat produksi ASI mengalami peningkatan ketika menyusui. Benar, kah? Tentu jawabannya benar, karena cara kerja dari kurma ini sendiri adalah dengan meningkatkan hormon prolaktin pada tubuh, sehingga menghasilkan ASI yang berlimpah.
  2. Serat. Di dalam kurma pun tersimpan serat yang cukup tinggi, dimana senyawa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh bayi. Lantaran, berperan penting menstabilkan gula darah pada tubuh serta membuat bayi tidak gampang lapar. Di samping itu, senyawa ini pun dapat memperlancar ASI, maka dari itu kecukupan air susu untuk bayi pun tidak akan berkurang.
  3. Zat besi. Apakah produksi ASI Ibu sedikit? Mungkin, ini ada kaitannya dengan zat besi. Kekurangan zat besi saat menyusui, dapat mengurangi produksi ASI Ibu. Untuk itu, konsumsilah kurma, sebab dalam kurma tersimpan kandungan zat besi sekitar 11 persen jumlah pengonsumsian zat besi harian yang dianggap mampu membantu memperlancar ASI. Selain bisa melancarkan ASI, tingginya kandungan zat besi dalam kurma ini dapat membantu perkembangan otak bayi.
  4. Kalium. Kurma juga mengandung zat kalium, yang memiliki peranan menyeimbangkan cairan dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan detak jantung, membangun otot tubuh, dan sebagainya. Senyawa inilah yang dapat melancarkan produk ASI pada ibu menyusui, dimana menyimpan sekitar 14 persen kebutuhan kalium harian.

Selain senyawa di atas, kurma pun mengandung vitamin cukup tinggi yang bisa meningkatkan produksi ASI agar selalu lancar. Jika Ibu tidak suka mengonsumsi kurma secara langsung maka bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman sari kurma. Minuman ini mampu melancarkan produksi ASI sama halnya seperti jika Ibu mengonsumsi buahnya secara langsung. –SH–

LEAVE A REPLY