Home Apartemen

Apakah Penggunaan Kamera Pengawas Melanggar Privasi?

Penggunaan kamera pengawas di rumah apakah melanggar privasi? Cari tahu jawabannya, yuk!

159
0
SHARE

Saat ini, CCTV tanpa kabel murah ataupun CCTV dengan harga mahal sudah menjadi hal yang mudah ditemukan. Sebab alat ini tidak hanya digunakan pada tempat tertentu yang membutuhkan keamanan saja, seperti ATM atau kantor, tetapi banyak juga rumah pribadi yang mulai menggunakannya.

penggunaan kamera pengawas
source : my-best.id

Namun, di balik banyaknya penggunaan kamera pengawas pada rumah pribadi menimbulkan pertanyaan beberapa orang, apakah hal tersebut boleh dilakukan? Tidakkah hal tersebut melanggar privasi seseorang?

Tentu saja, jika dipasang pada area yang tepat, maka keberadaan kamera pengawas ini bisa dikatakan bermanfaat dan tidak melanggar privasi. Salah satu area yang disarankan untuk dipasang kamera pengawas adalah bagian pintu masuk, untuk mengawasi siapa saja yang masuk ke dalam rumah. Atau jika di rumah Anda ada sebuah ruangan khusus yang berisi aset berharga, maka bisa memasang kamera pengawas untuk mengawasi seluruh bagian ruangan tersebut.

Lalu, kamera pengawas seperti apa yang dianggap melanggar privasi? Untuk hal ini mungkin pendapat setiap orang bisa berbeda. Namun ada baiknya jika Anda menghindari pemasangan kamera pengawas di area ini:

  • Outdoor mengarah ke kamar

Kamera pengawas yang dipasang di luar rumah biasanya digunakan untuk mengawasi orang yang lewat sehingga bisa mendeteksi jika ada orang mencurigakan yang lewat. Namun sayangnya, ruang lingkupnya yang terlalu luas membuat orang lain merasa privasinya terganggu. Hal ini umumnya terjadi ketika kamera pengawas ternyata juga merekam area depan kamar tetangga seberang rumah Anda. Itulah sebabnya, ada baiknya Anda sangat memerhatikan arah pemasangan kamera pengawas outdoor milik Anda.

  • Area pribadi

Area pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi jelas menjadi daerah yang tidak boleh dipasang kamera pengawas. Jika di rumah Anda terdapat area pribadi lainnya seperti kolam renang, sebaiknya juga tidak dipasang kamera ini.

Selain memerhatikan lokasi pemasangannya, Anda juga harus memerhatikan orang yang diizinkan untuk mengakses rekaman kamera pengawas tersebut. Pastikan bahwa operator tidak memanipulasi hasil rekaman dan juga tidak berniat buruk atas rekaman tersebut. Semoga bermanfaat!