Home Business

Hati-Hati: Renovasi Bisa Menurunkan Nilai Jual Rumah

Ingin menaikkan nilai jual rumah pasca renovasi, mungkin Anda harus menghindari beberapa hal ini!

321
0
SHARE
renovasi rumah
renovasi rumah

Yap, renovasi rumah memang bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi bisa menaikkan harga jual namun di sisi lainnya juga bisa menurunkan harga jual. Agar terhindar dari opsi terakhir, Anda harus jeli ketika memutuskan hendak merenovasi rumah. Sebab siapa sih yang mau menjual properti Indonesia miliknya dengan harga miring? Untuk menaikkan nilai jual rumah pasca renovasi, mungkin Anda harus menghindari beberapa hal ini agar tidak terjebak di lubang yang sama.

Salah satu renovasi yang membuat rumah Anda berkurang nilainya adalah menambahkan kolam renang. Mungkin, Anda pikir menambahkan kolam renang bisa membuat nilai jual rumah semakin tinggi. Hanya saja, tidak semua orang senang memiliki kolam renang di dalam rumah. Mengapa? Sebab perawatan kolam renang sangat sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang banyak calon pembeli yang menghindari rumah dengan kolam renang karena alasan ini. Jadi, menjual rumah dengan kolam renang akan lebih susah karena tidak bisa menjangkau semua kalangan.

Dekorasi dan pemilihan eksterior yang unik dan tidak biasa juga cukup menyulitkan. Di satu sisi, rumah Anda akan terlihat berbeda dan memiliki ciri khas. Namun, patut diingat bahwa semua itu menyangkut masalah selera. Tidak banyak orang yang menyukai selera pribadi Anda dan mungkin begitu juga sebaliknya. Sulit untuk menjual sebuah rumah yang desainnya sangat spesifik dan tidak bisa menjangkau kalangan luas. Untuk itu, lebih baik mengikuti selera pasar jika memang berniat menjualnya lagi beberapa waktu mendatang.

Akan tetapi, jangan sedih dulu. Renovasi rumah juga bisa kok menambah harga jual rumah asalkan penempatannya tepat. Misalnya, jika rumah Anda dulunya tidak memiliki taman kecil di depan rumah, Anda bisa merombak rumah dan merenovasinya dengan menambahkan halaman kecil. Atau jika dulunya rumah Anda tak memiliki garasi, bisa mencoba renovasi dengan menambahkan garasi. Dengan begitu, harga jual rumah bisa kembali terangkat.

Kesimpulannya, jika ingin merenovasi rumah dan Anda telah memikirkan kemungkinan untuk menjualnya di masa depan, pastikan bagian-bagian yang ingin direnovasi memang memiliki nilai jual tinggi dan dibutuhkan. Sebagai saran, Anda bisa merenovasi bagian ruang tamu yang selalu menjadi ‘magnet’ bagi calon pembeli rumah, dapur, kamar mandi, dan juga kamar tidur. Beberapa ruangan ini, selain menjadi nilai tambah untuk penjualan, bisa juga membuat Anda nyaman dengan renovasi baru ini.

Siap untuk merenovasi?