Home Tips & Trick

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan AC untuk Kamar Bayi

Ketika memasang AC di kamar bayi. Perhatikan beberapa hal ini!

262
0
SHARE
AC untuk kamar bayi
source :

Udara kamar yang dingin dan sejuk memang lebih cocok untuk anak karena bisa membuat mereka tetap nyaman dan tak rewel. Atas alasan ini pulalah banyak orangtua yang kemudian memasang AC di setiap kamar, bahkan untuk kamar bayi sekalipun. Hal ini memang tidak mengherankan karena bayi disarankan untuk selalu berada di ruang yang sejuk—sebab ruang yang panas berisiko membuat mereka mengalami dehidrasi, kehausan, hingga heatstroke. Nah, bagi Anda yang tengah mempertimbangkan untuk memasang AC di kamar bayi pada unit apartemen BSD Anda, ada beberapa hal yang sebaiknya harus diperhatikan, yakni:

  1. Perhatikan ventilasi ruangan. Pertama dan terutama, perhatikan lokasi ventilasi udara di ruang kamar si kecil. Menggunakan AC bukan berarti ruang kamar tak membutuhkan ventilasi sama sekali. Justru disarankan ruang kamar si kecil dilengkapi dengan ventilasi yang baik agar sirkulasi udaranya tetap terjaga.
  2. Selalu bersihkan AC secara rutin. Kotoran yang menempel pada AC bisa memengaruhi kualitas udara di dalam kamar, jadi selalu luangkan waktu untuk membersihkannya secara rutin, ya!
  3. Gunakan air purifier. Selain memastikan kebersihan AC, Anda juga bisa menggunakan air purifier atau pelembap ruangan untuk menjaga kualitas udara di ruang kamar tetap bersih dan bebas debu.
  4. Oleskan pelembap khusus. Agar kulit bayi tidak kering karena berada di dalam ruangan ber-AC, oleskan pelembap khusus secara rutin. Kulit orang dewasa saja bisa kering saat berada di ruang AC secara terus menerus, bagaimana dengan kulit bayi yang masih sensitif? Untuk itu, jangan lupa untuk mengoleskannya setiap saat.
  5. Tetap berjemur di pagi hari. Setiap pagi, luangkan waktu untuk mengajak si bayi berjemur dan menikmati sinar matahari pagi serta menghirup udara segar. Selain membuatnya lebih sehat, aktivitas berjemur ini juga baik untuk kulitnya agar tak melulu terpapar udara sejuk dari AC.
  6. Atur suhunya. Melansir Alodokter, suhu yang direkomendasikan untuk anak-anak adalah 23-25 derajat celcius. Sementara untuk bayi yang baru lahir, suhu AC sebaiknya diatur di angka 18-20 celcius. Suhu ini merupakan suhu terbaik karena si kecil tidak akan merasa terlalu dingin atau terlalu panas. Untuk itu, sebaiknya atur suhu AC agar sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat hendak menggunakan AC di kamar bayi. Semoga bermanfaat!