Home Business

Hal Penting untuk Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

Sebelum memulai terjun ke dunia bisnis, coba perhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu. Silakan di cek!

207
0
SHARE
tips sebelum mulai berbisnis
source : google

Tidak sedikit dari kamu yang pernah terpikir untuk resign demi fokus membangun bisnis. Hal ini tidak salah, asal kamu memiliki budget yang cukup dan memiliki pondasi bisnis yang kuat. Pasalnya, berbisnis tak hanya soal pinjam uang untuk membangun usaha saja; bisnis butuh tanggung jawab, konsistensi, dan juga ketekunan untuk menjalaninya. Tak hanya itu, kamu pun perlu melakukan beberapa hal ini sebelum siap untuk terjun ke dunia bisnis:

  1. Brainstorming untuk menentukan ide bisnis. Sebelum memutuskan untuk berbisnis, cobalah untuk lakukan brainstorming mengenai bisnis apa yang ingin kamu jalani. Pilihlah bisnis dengan latar belakang yang sudah kamu pahami sebelumnya. Misalnya, kamu senang berdandan dan tahu produk seputar make up. Maka, bisnis-bisnis yang melibatkan produk kecantikan atau bahkan make up artist bisa menjadi bisnis sampinganmu.
  2. Visi dan misi binis. Setelah menentukan bisnis apa yang ingin dijalani, jangan lupa untuk membuat visi dan misi dari bisnis kamu. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap on track dan mengenali bisnis yang sedang kamu bangun. Kamu jadi lebih mengenal seluk beluk bisnismu, mulai dari pangsa pasarnya, tujuan bisnis, lokasi bisnis, dan lain sebagainya.
  3. Waktu untuk berbisnis. Penting nih untuk kamu yang memiliki pekerjaan utama dan bisnis sebagai side job: kamu harus menentukan waktu untuk berbisnis. Misalnya, kamu kerja full-time dari Senin sampai Jumat; maka waktu senggang yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis adalah weekend Atau kamu bisa juga memanfaatkan waktu malam hari sepulang kerja untuk bisnis jika memungkinkan.
  4. Manfaatkan teknologi. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan teknologi dalam menunjang bisnismu. Untuk berkomunikasi langsung dengan potential customer, kamu bisa memanfaatkan fitur aplikasi chatting di Mulai dari LINE, WhatsApp, dan juga Telegram, semua ini bisa membantu kamu berkomunikasi dengan calon pembeli secara mudah, lho.
  5. Buat catatan pengeluaran dan pemasukan. Ini penting untuk dilakukan agar kamu tahu seberapa jauh bisnismu sudah berkembang. Jangan lupa untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, sekecil apa pun itu.

Selain melakukan beberapa hal di atas, jangan lupa juga untuk menetapkan standar bisnis yang masuk akal dan tidak berlebihan. Biarkan bisnismu berkembang perlahan-lahan dan semakin besar seiring berjalannya waktu. Semoga membantu! (TR)