Home Teknologi

Free Tools untuk Kembalikan Data yang Hilang di PC

Kehilangan data di PC? Tenang, tak usah khawatir, kamu bisa mengembalikannya dengan memanfaatkan beberapa tools berikut ini. Simak, yuk!

147
0
SHARE
mengembalikan data yang hilang
source : liputan6

Menyimpan dan mengatur data dalam jumlah besar tentu bukanlah hal yang mudah. Perusahaan-perusahaan besar kini sudah banyak menggunakan jasa distributor SAP Indonesia untuk meningkatkan efisiensi manajamen data mereka. Namun, untuk kamu yang hanya perlu mengelola data dalam satu komputer, kamu tak perlu teknologi-teknologi canggih seperti di perusahaan besar. Jika kamu menghadapi masalah pada penyimpanan data, seperti data yang hilang, kamu tidak perlu panik. Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk recovery data dalam komputer. Berikut ini di antaranya:

  • Wise Data Recovery

Untuk mengembalikan data yang hilang karena tak sengaja terhapus atau karena faktor lainnya, kamu bisa menggunakan Wise Data Recovery. Aplikasi memungkinkan kamu untuk menyelamatkan data-data yang hilang meskipun tidak menjamin seratus persen. Keunggulannya, Wise Data Recovery mencantumkan status mengenai file yang ingin kamu cari. Misalnya seperti good, poor, atau very poor. Jika ada file yang statusnya lost berarti kamu harus menerima kalau file tersebut sudah tidak bisa di-recovery.

  • Recuva

Bisa dibilang aplikasi ini merupakan salah satu yang paling populer. Dibuat oleh developer yang sama dengan aplikasi CCleaner, Recuva disertai dengan fitur-fitur yang jenius untuk mengembalikan datamu. Terdapat fitur seperti scan lebih dalam, superior file recovery, dan fitur untuk mengembalikan file-file yang rusak dari hardisk yang diformat.

  • TestDisk

Aplikasi berikut ini juga perlu dipertimbangkan. TestDisk juga merupakan tools yang ampuh untuk mengembalikan data-mu yang hilang. TestDisk memberikan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus. Namun, tampilan TestDisk terlihat lebih teknis dibanding depan aplikasi data recovery pada umumnya, sehingga kamu harus memiliki pemahaman lebih untuk menggunakannya.

  • Glary Undelete

Jika kamu kurang suka dengan tampilan aplikasi data recovery yang terlihat terlalu teknis dan rumit, maka aplikasi yang satu ini lebih cocok untukmu. Graly Undelete memiliki tampilan yang mudah dan menarik, mirip seperti tampilan folder Windows Explorer yang disertai dengan keterangan file yang dapat di-recovery.

Semoga bermanfaat! (Rima)