Home Mobil

Perlukah Mengisi Bahan Bakar Sampai Penuh? Ini Jawabannya

Apakah perlu mengisi bahan bakar hingga penuh? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

44
0
SHARE
tips mengisi bahan bakar
source : IDNTimes

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, entah itu mobil, motor, atau bahkan truk tambang, mengisi bahan bakar merupakan suatu keharusan. Namun demikian, tak sedikit dari Anda yang dengan sengaja menunggu bahan bakar sampai habis atau tinggal segaris, sebelum mengisinya. Hanya sedikit dari Anda yang mengisi bahan bakar sebelum habis. Namun demikian, sebenarnya aman tidak sih mengisi bahan bakar di saat-saat kritis? Coba simak jawabannya, ya!

Ternyata, berdasarkan informasi dari para ahli, kebiasaan tersebut tidak baik, lho. Sebab hal tersebut bisa memberikan efek samping jangka panjang pada kendaraan Anda. Ketika bahan bakar yang ada di dalam kendaraan berada pada titik minimum, maka pompa bahan bakar tidak berada dalam posisi terendam. Tentunya, hal ini akan sangat membahayakan bagi pengendara ketika mobil akan bermanuver.

Tak hanya itu, risiko kecelakaan pun juga bisa muncul karena kebiasaan ini. Sebab Anda tak tahu kapan bensin akan habis sehingga mobil bisa mati secara tiba-tiba. Putusnya asupan bensin ke mesin kendaraan akan membuat kendaraan berhenti dan berisiko tertabrak dari belakang. Mungkin Anda berpikir bahwa Anda akan menemukan pom bensin di depan sana sehingga memutuskan untuk tidak mengisi bahan bakar meski bar sudah berubah merah. Namun demikian, jika bensin sudah telanjur habis dan Anda tak menemukan pom bensin terdekat, hal ini bisa menjadi bencana, bukan?

Dampak lainnya adalah kondensasi karena kehadiran air di dalam tangki bahan bakar. Kondensasi atau pengembunan adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan. Tangki yang tidak terisi penuh akan menyebabkan ruang kosong di dalamnya semakin luas sehingga menyebabkan terjadinya proses kondensasi semakin lebih mudah, terutama untuk tangki bahan bakar pada mobil yang masih terbuat dari material besi. Namun demikian, beberapa tangki untuk mobil masa kini lebih sering terbuat dari material plastik sehingga kemungkinan kondensasi bisa sedikit teratasi.

Jadi, berdasarkan informasi di atas, jelaslah bahwa Anda disarankan untuk mengisi bahan bakar sampai penuh dan tidak menunggu sampai tangki kosong sepenuhnya. Semoga bermanfaat dan silakan diterapkan, ya!