Home Hiburan

Fakta Menarik Mengenai Film Prenjak Pemenang Cannes 2016

Fakta menarik mengenai film pendek Prenjak: In the Year of Monkey yang berhasil mendapatkan penghargaan cannes 2016

302
0
SHARE

Film terbaik Indonesia kembali memberikan prestasi luar biasa kepada perfilman tanah air. Pasalnya, film pendek yang berjudul Prenjak: In the Year of Monkey, berhasil meraih penghargaan di ajang bergengsi Cannes Film Festival 2016. Penghargaan yang diraih oleh film pendek ini, berasal dari kategori Critic’s Week Cannes yang dikhususkan untuk film pendek terbaik di dunia. Berhasilnya film pendek ini menyabet penghargaan di ajang bergengsi Cannes 2016, tentu saja tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat Indonesia yang terus memberikan semangat positif kepada perfilman Indonesia. Serta, berkat dukungan dan bantuan dari Badan Perfilman Indonesia.

Prenjak: In the Year of Monkey
Prenjak: In the Year of Monkey

Meskipun begitu, tapi siapa sangka film pendek yang berhasil meraih penghargaan di ajang bergengsi ini, ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin banyak masyarakat Indonesia belum mengetahuinya. Apa sajakah itu? Yuks, langsung saja disimak rangkumannya di bawah ini, check it out:

  1. Menjadi film pendek pertama peraih penghargaan Cannes 2016. Ternyata, film pendek Prenjak: In the Year of Monkey merupakan salah satu film pendek Indonesia, yang baru pertama kali mendapatkan penghargaan di Cannes 2016. Sebenarnya sih, sudah sejak lama film pendek Indonesia masuk ke dalam kompetisi di ajang yang sangat bergengsi ini. Namun, tidak memberikan hasil yang bagus kepada perfilman Indonesia. Dan, barulah di tahun 2016 ini film pendek Indonesia mampu meraih penghargaan.
  2. Menceritakan kisah seorang perempuan yang berjuang hidup. Tak heran, film pendek yang hanya berdurasi sekitar 13 menit ini, mampu meraih penghargaan di ajang bergengsi Cannes 2016. Mengapa? Ini disebabkan oleh, tema yang diusung oleh film pendek ini menceritakan kisah seorang perempuan di tahun 1980an yang berjuang mempertahankan hidupnya dari keterbatasan ekonomi yang dialaminya. Perempuan tersebut harus mencari uang untuk membiayai hidup keluarganya. Namun, suatu hari ia menawarkan sebuah korek api seharga 10 ribu rupiah kepada rekannya. Tapi, yang paling menarik dari penawaran korek api ini, dimana rekan kerja si perempuan malah bisa melihat bagian tubuhnya dengan menyalakan korek api di keadaan gelap.
  3. Mengalahkan jutaan film pendek di dunia. Berhasilnya film pendek Indonesia mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi Cannes 2016, tentu patut di acungi jempol. Sebab, film pendek yang satu ini berhasil mengalahkan jutaan film pendek lainnya di dunia.
  4. Perhargaan yang didapat bertepatan pada hari Kebangkitan Nasional. Penghargaan yang di dapat oleh film pendek yang satu ini, ternyata bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Didapatnya penghargaan di saat hari Kebangkitan Nasional ini, tentunya akan semakin meningkatkan semangat bagi masyarakat Indonesia.

Wah, patut diacungi jempol banget nih film pendek yang satu ini! –SH–