Home Film

Fakta Keliru dalam Film Bertema Kisah Nyata (part III)

Inilah beberapa film bertema kisah nyata yang menyuguhkan fakta yang tidak sebenarnya. Mari, disimak!

296
0
SHARE

Bagaimana? Apakah kalian semua masih penasaran dengan berbagai fakta keliru yang sebenarnya tidak pernah terjadi di kehidupan nyata, tapi dimunculkan di dalam beberapa film bertema kisah nyata yang diproduksi oleh produser terbaik? Nah, buat kalian yang masih sangat penasaran dengan filmnya, maka di artikel ini akan kami lanjutkan kembali sejumlah film yang memunculkan fakta keliru yang sebelumnya sudah ditulis di bagian I dan II. Apa sajakah filmnya? Yuks, langsung saja disimak ulasannya di bawah ini:

  • Apollo 13
apollo 13
apollo 13

Film yang disutradarai oleh Ron Howard ini, menggambarkan tentang misi penyelamatan yang dilakukan oleh astronot Ken Mattingly besama dengan Apollo 13. Dalam film ini, Mattingly sendiri terkena campak yang didapat ketika melakukan misi, tetapi dirinya tetap dipanggil untuk memimpin misi penyelamatan oleh NASA. Namun, di kenyataannya Mattingly sendiri tidak ditugaskan untuk misi penyelamatan dikarenakan dia tengah mengalami sakit campak. Dirinya pun hanya menjadi kru cadangan di beberapa tim, dan tidak hanya mengerjakan misi penyelamatan hanya satu atau dua misi, tapi banyak misi yang telah dilakukannya.

  • The Patriot
the patriot
the patriot

Karakter di dalam film bernama Benjamin Martin yang dibintangi oleh Mel Gibson, sebenarnya tidak pernah terjadi di dunia nyata. Di film ini juga diceritakan adanya pemutilasian mayat musuh di Fort Wilderness dan bagian tubuhnya di buang di Ashuolet. Dikisahkan pula, mereka berasal dari sebuah kota bernama Fort Charles. Faktanya, Fort Charles sendiri berlokasi di Jamaika, sedangkan Ashuolet terletak di New Hampshire dengan kotanya bernama Fort Ambercon bukan Fort Wilderness yang hanya ada di Disney World. So, berarti kota yang ada di dalam film ini, tidak pernah ada di dalam kehidupan nyata.

  • The Imitation Game
the imitation game
the imitation game

Di film ini, kita akan menemukan sesosok karakter bernama Alan Turing, yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch, yang digambarkan sebagai seorang yang sangat penyendiri, dan berhasil membangun sebuah mesin the Bombe hanya seorang diri. Namun, fakta aslinya Turing adalah seorang laki-laki yang sangat terkenal di Bletchley Park, yang mampu mengembangkan mesin yang sudah diciptakan sebelumnya. Dan, seorang matematikawan dari Prancis yang awal mulanya menemukan mesin ini tidak pernah diceritakan di dalam filmnya.

  • Hotel Rwanda
hotel rwanda
hotel rwanda

Film yang dimainkan oleh Don Cheadle ini, mempunyai akhir cerita yang sangat happy. Dimana, di akhir ceritanya semua pengungsi memiliki kehidupan yang baik, selalu aman, dan memiliki banyak persediaan makanan untuk mereka makan. Tetapi, di kehidupan nyatanya para pengungsi hidup mirip di sebuah penjara, dan semua anak-anak pun terlihat kelaparan. Untuk bisa bertahan hidup, mereka harus berjuang mencari dan mendapatkan beberapa makanan untuk dimakan bersama dengan keluarga.

Hmm, akhirnya selesai juga memberikan informasi mengenai fakta keliru yang muncul di dalam film bertema kisah nyata. Semoga bermanfaat! –SH–