Home Film

Fakta Keliru dalam Film Bertema Kisah Nyata (part I)

Inilah beberapa film bertema kisah nyata yang menyuguhkan fakta yang tidak sebenarnya. Mari, disimak!

304
0
SHARE

Saat ini, begitu banyak bermunculan film yang dibuat oleh produser terbaik yang mengangkat kisah nyata. Biasanya, film-film bertema kisah nyata ini mengambil topik cerita dari kehidupan seseorang yang sangat terkenal bahkan kisah sejarah yang terjadi di berbagai negara di dunia ini, dan ditampilkan tulisan kisah nyatanya di bagian awal maupun akhir durasi film. Namun, alih-alih mengangkat kisah nyata, justru beberapa film yang menampilkan kisah nyata ini malah mengungkapkan fakta yang salah atau tidak pernah terjadi di dalam kehidupan seseorang maupun sejarah suatu negara.

Berikut kami ulas beberapa film bertema kisah nyata yang menyuguhkan beberapa fakta yang tidak sebenarnya. Mari, disimak!

  • Titanic
titanic
titanic

Siapa sih yang tidak pernah menonton film Titanic? Film yang sangat fenomenal di tahun 90an ini diperankan oleh aktor dan aktris terkenal Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet. Di dalam film Titanic ini, kita akan menemukan second officer kapal bernama William Murdoch yang digambarkan sebagai seorang yang menerima suap dan menembak mati dirinya. Akan tetapi, sebenarnya di kisah nyatanya William sendiri menjalani detik-detik kehidupannya secara heroic, dan membantu para penumpang untuk naik ke sekoci. Sementara itu, akhirnya dirinya ikut tenggelam bersama dengan kapal Titanic.

  • The Mask of Zorro
the mask of zorro
the mask of zorro

Di beberapa film yang dulu pernah ditayangkan baik di TV Indonesia maupun dunia, karakter Zorro sendiri dianggap sebagai seorang pahlawan yang sangat membantu banyak orang. Padahal, di kehidupan nyatanya the real Zorro adalah seorang pria Meksiko bernama Joaquin Murieta, yang selalu ditindas oleh orang berkulit putih di sepanjang hidupnya. Tidak tahan dengan penindasan yang diterimanya, akhirnya Joaquin membentuk kelompok pemberontak agar bisa membalaskan dendamnya. Namun, sayangnya dirinya malah tertangkap dan dihukum gantung pada tahun 1853 silam.

  • Frost dan Nixon
frost & nixon
frost & nixon

Akhir dari film Frost dan Nixon ini adalah dimana presiden bernama Nixon sedang mabuk dan menghubungi David Frost tengah malam. Di bawah pengaruh alkohol, Nixon pun mengatakan fakta yang sebenarnya pada Frost, yang membuat Frost akhinya menyadari semua kelemahan Nixon, dan Frost pun berniat akan membantu presiden mengungkapkan semua kejahatan yang telah dilakukannya. Tetapi, tahukah kalian? Jika kejadian menelepon tengah malam ini sebenarnya tidak pernah terjadi di kehidupan nyata, meski sudah dilakukan wawancara dengan berbagai pihak yang mengalami kejadian.

  • Gladiator
gladiator
gladiator

Film yang ditayangkan pada tahun 2000 dan diperankan oleh Russel Crowe ini, menceritakan tentang seorang Marcus Aurelius yang dibunuh oleh anaknya sendiri bernama Commodus ketika bertempur di medan perang Marcomannic. Tetapi, fakta sebenarnya mengatakan bahwa Marcus Ausrelius meninggal di sebuah daerah sekarang Vienna. Bahkan, dulunya Marcus juga sempat memberikan kekuasaan kepada anaknya Commodus.

Gimana nih? Apakah saat menonton beberapa film di atas, kalian sudah menyadari kejadian sebenarnya yang terjadi? Ah, jangan lupa membaca kelanjutan artikel ini di part II, ya! Hehe –SH–