Home Motor

Cara Mudah Memilih Oli untuk Motor Matic Anda

Mau membeli oli untuk mesin motor matic? Yuk, cari tahu dulu spesifikasi oli yang cocok untuk sepeda motor Anda!

304
0
SHARE

Oli merupakan cairan pelumas yang sangat dibutuhkan sepeda motor, salah satunya motor matic. Ganti oli motor dengan oli motor matic bahkan sangat disarankan karena dalam oli tersebut mengandung berbagai zat yang mendukung kinerja mesin. Oli motor matic tidak hanya berfungsi untuk meminimalisir gesekan antar setiap komponen mesin sepeda motor agar tetap stabil, tetapi juga bermanfaat untuk mengatur panas di ruang bahan bakar, sehingga tidak akan menimbulkan masalah pada sepeda motor Anda misalnya seperti kebakaran mesin. Sebab, mesin motor matic yang bekerja di ruang tertutup akan lebih mudah panas dibandingkan dengan motor manual.

tips memilih oli motor matic
source : blog beli onderdil

Meskipun begitu, pemilihan oli motor matic ini sebenarnya sangat berbeda sekali dengan motor gigi maupun kopling. Untuk itu, jika Anda ingin membeli oli untuk sepeda motor matic, maka perhatikan beberapa tips ini terlebih dahulu, di antaranya: (source: upakarti)

  1. Pilih oli dengan sertifikat resmi. Saat hendak membeli oli mesin motor, jangan sampai lupa untuk memilih oli yang dilabeli dengan sertifikat resmi berstandar API atau disingkat dengan American Petroleum Institute. Lembaga ini menguji kualitas oli di berbagai negara di belahan benua Amerika dan Eropa. Atau memilih oli dengan label JASO (Japanese Automotive Standar Association) yang menguji kualitas oli untuk kendaraan di Jepang.
  2. Pilih oli yang menggunakan zat aditif paling bagus. Tidak hanya sertifikat, Anda juga sangat penting untuk memerhatikan zat aditif yang digunakan untuk pembuatan oli motor tersebut. Umumnya, zat aditif yang biasa dipakai adalah bernama Molybdenum. Molybdenum sendiri merupakan sejenis zat yang memiliki sifat anti panas dan berfungsi untuk mengatur gesekan pada mesin motor sehingga terasa lebih halus. Nah, untuk zat aditif paling baik terdapat pada oli dengan label FM 30 dan memiliki kekentalan SAE berkisar dari 10 hingga 30.
  3. Pilih oli yang diproduksi dengan teknologi canggih. Selain itu, ketika melakukan pemilihan oli, alangkah baiknya pilihlah oli yang diproduksi dengan kecanggihan teknologi super canggih di dunia. Misalnya seperti Technology Ventury Molecule Crusher (TVMC) yang sudah terjamin mempunyai kualitas oli super bagus.
  4. Beli oli di toko resmi. Alangkah baiknya belilah oli di toko resmi yang sudah terpercaya memberikan barang bagus kepada pembelinya. Ingat, jangan mudah tergiur dengan tawaran murah karena takutnya nanti malah diberikan oli yang tidak berkualitas. Dan juga saat pembelian oli jangan lupa untuk melihat kemasan oli, jika terdapat cacat maka mintalah dengan yang baru.

Itulah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan saat Anda akan membeli oli mesin untuk sepeda motor matic. Mengganti oli motor dengan yang tepat dan sesuai dengan kendaraan Anda sangatlah penting dan merupakan hal yang harus dipersiapkan sebelum mengendarai motor, khususnya jika Anda akan menempuh perjalanan jauh. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara.. –SH–