Home Tips & Trick

Cara Menghilangkan Karat Pada Alat Perkakas

Begini cara menghilangkan karatan pada alat perkakas!

434
0
SHARE

Alat perkakas yang terdiri alat teknik pertukangan merupakan benda-benda yang wajib ada di rumah. Pasalnya, alat ini berfungsi untuk memperbaiki atau membuat sesuatu yang pastinya sangat dibutuhkan. Hanya saja, mengingat benda-benda ini jarang digunakan maka bukan tidak mungkin jika permukaannya akan berkarat terlebih jika Anda tak tahu cara merawatnya. Nah, jika permukaan alat perkakas Anda sudah telanjur berkarat, ini dia cara penangannya:

alat perkakas
alat perkakas
  1. Manfaatkan cuka putih. Cuka putih telah lama dikenal sebagai penghilang karat yang natural. Pasalnya, larutan ini bisa menghilangkan karat yang melekat pada benda logam. Caranya adalah dengan merendam bagian logam yang terkena karat dalam larutan cuka putih selama beberapa saat lalu lap dengan kain bersih. Jika larutan cuka putih yang dimiliki tak cukup untuk merendam, Anda bisa menyeka bagian karat dengan spons yang sebelumnya sudah dibalurkan cuka putih.
  2. Kombinasi potongan kentang dan baking soda. Untuk mengangkat karat dari permukaan logam, paduan kentang dan baking soda ternyata merupakan kombinasi yang ampuh. Pertama, potong kentang menjadi beberapa bagian, oleskan baking soda di atas permukaan kentang, lalu gosok perlahan pada bagian yang berkarat. Lakukan selama beberapa saat sebelum dilap dengan kain bersih. Jika karat masih tertinggal, ulangi melakukan hal ini selama beberapa kali.
  3. Garam dan perasan lemon. Menurut beberapa sumber, campuran garam dan juga lemon dapat menghilangkan karat pada benda logam. Anda bisa mencampurkan perasaan lemon dan juga garam, lalu balurkan di bagian yang berkarat. Diamkan selama empat atau lima jam sebelum dibersihkan dengan lap bersih.
  4. Penghilang karat berupa cairan asam fosfat atau oksalat. Selain menggunakan bahan alami seperti yang sudah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan penghilang karat berbahan kimia yang banyak dijual di toko alat toko bangunan. Hanya saja, harga cairan ini cukup mahal mengingat bahan dasarnya berupa asam fosfat atau oksalat. Jika Anda ingin menggunakan cairan ini, sebaiknya berhati-hati karena cairannya cukup berbahaya. Gunakan sarung tangan karet, masker, dan juga kacamata agar bahan kimia ini tidak memberikan efek berbahaya pada Anda.

Nah, selain menggunakan tips di atas, Anda juga bisa menyemprotkan spray pencegah karat di alat-alat perkakas milik Anda. Pasalnya, spray ini akan membantu Anda untuk mencegah karat menempel di permukaan logam. Dengan demikian, karat tidak akan menyerang permukaan alat perkakas Anda. Selamat mencoba, ya! –TR–