Home Mobil

Berkendara Saat Hujan Deras, Perhatikan Dulu Ini!

Agar aman ketika mengendarai mobil saat hujan, maka perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini!

39
0
SHARE

Berkendara ketika hujan deras memang sangat berisiko memicu kecelakaan, terlebih mengendarai truk Indonesia. Namun, karena ada keperluan yang sangat mendesak, terkadang banyak dari kita yang terpaksa harus menerjang hujan tersebut. Memang sih, sebenarnya tidak ada masalah jika Anda ingin menerjang hujan deras tersebut, tapi wajib diingat saat berkendara ada baiknya Anda selalu berhati-hati.

berkendara saat musim hujan
source : liputan6

Nah, untuk Anda yang berencana menerjang hujanderas, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu, di antaranya adalah sebagai berikut ini: (source: showroommobil)

  1. Memastikan tekanan udara ban mobil normal. Sebelum kamu memutuskan untuk menerjang hujan deras tersebut, maka pastikan terlebih dahulu kamu sudah memastikan tekanan udara ban mobil normal. Jika tidak, dikhawatirkan mobil Anda nanti bisa tergelincir pada saat dikendarai. Usahakan untuk tidak menggunakan ban yang sudah licin karena ini sangat berisiko terhadap keselamatan Anda.
  2. Kondisi lampu mobil dalam keadaan baik. Jangan sampai lupa memeriksa kondisi lampu mobil. Pastikan, lampu dalam kondisi menyala dan tidak mati. Ini karena lampu mobil sangat penting keberadaannya pada saat hujan. Di mana, membantu memperjelas pandangan pengendara serta dapat mendeteksi objek yang terdapat di bagian depan. Apabila keterangan lampu sudah mulai berkurang, maka lebih baik Anda tidak menerjang hujan tersebut.
  3. Jaga jarak aman dengan mobil lain. Apabila Anda tetap ngotot ingin menerjang hujan, maka alangkah baiknya jaga selalu jarak aman Anda dengan mobil yang ada di bagian depan maupun belakang Anda. Mengapa? Yap, karena pada saat hujan deras ini jarak pandang Anda terganggu oleh air hujan. Oleh sebab itu, tidak dibenarkan bila Anda berdekatan dengan mobil lain, mana tau nanti malah mobil Anda ditabrak oleh mobil lain atau sebaliknya.
  4. Jangan berkendara dengan kecepatan tinggi. Pastikan, untuk tidak berkendara dengan kecepatan tinggi, sebab kondisi ini hanya akan memicu terjadinya kecelakaan. Apalagi, pandangan Anda terganggu ketika hujan deras tersebut. Jika Anda tetap ngotot berkendara dengan kecepatan tinggi, tentu nanti malah berisiko tabrakan dan kecelakaan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda berencana ingin menerjang hujan deras. –SH–