Home Food & Culinary

Berbagai Koleksi Loyang untuk Kue. Sudah Punya?

Yuk, ketahui beberapa jenis loyang yang bisa digunakan untuk membuat kue!

189
0
SHARE
loyang kue
source : tokopedia

Selain mengoleksi alat-alat pembuat kue, mengenali berbagai jenis loyang juga bisa membantu mempermudah proses pembuatan kue, lho. Terlebih dengan keberadaan toko bahan kue dan toko alat masak yang mudah ditemui di mana saja, mencarinya pun bukan hal yang sulit. Berikut beberapa jenis loyang yang patut dikoleksi untuk dapur Anda:

  1. Loyang datar. Loyang datar atau cookie sheet merupakan jenis loyang yang sudah pasti dimiliki oleh Anda di rumah. Biasanya, loyang ini juga sering disertakan pada oven ketika membelinya. Sesuai dengan namanya, loyang datar berbentuk tipis dan digunakan sebagai alas pemanggang kue. Loyang ini lebih sering digunakan untuk memanggang kue kering, biskuit, atau kukis.
  2. Cake pan. Sering disebut sebagai ‘loyang kue bolu’ karena fungsinya. Cake pan memiliki berbagai bentuk, ada yang kotak, bulat, atau bahkan persegi panjang. Ukurannya pun beragam sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa membuat kue bolu, sponge cake, cheesecake, brownies, atau bahkan kue lapis dengan loyang ini. Cake pan termasuk ke dalam golongan alat masak yang sebaiknya Anda miliki karena banyak jenis kue yang bisa dibuat dengan loyang ini.
  3. Muffin pan. Untuk Anda yang senang berkreasi dengan berbagai jenis resep, jangan lupa untuk membeli muffin pan di toko, ya. Sebab loyang ini akan membuat proses membuat kue jadi lebih menyenangkan dan juga praktis. Loyang muffin biasanya terdiri atas 6 atau 12 slot, sehingga dengan satu adonan Anda bisa mendapatkan beberapa kue sekaligus. Jangan lupa beli kertas alas cake dan lapisi cetakannya dengan kertas ini sebelum menuang adonan, ya!
  4. Loaf tin. Disebut juga sebagai bread pan karena loyang ini seringkali digunakan untuk membuat roti. Kedalamannya cukup tinggi untuk menampung adonan roti yang mengembang saat dipanggang. Kalau Anda ingin membuat kreasi roti di rumah, memiliki loyang ini sangatlah disarankan.
  5. Tart pan. Jenis loyang lainnya yang bisa dikoleksi jika Anda senang membuat kue adalah tart pan. Loyang ini biasanya digunakan ketika hendak membuat kue Lapisan luar pie yang tebal namun lembut di dalam membuat kue ini memerlukan cetakan khusus agar tidak hancur ketika matang. Nah, tart pan adalah loyang yang tepat.

Itu dia beberapa koleksi loyang untuk membuat kue. Dari semua yang sudah disebutkan di atas, mana jenis loyang yang sudah Anda miliki?