Home Tips & Trick

Begini Cara Menambal Pipa PVC yang Bocor!

Pipa PVC yang digunakan untuk menyalurkan air bersih dan air kotor di rumah bocor? Yuk, cari tahu cara menambalnya di sini!

492
0
SHARE

Pipa PVC atau yang terkadang disebut dengan pipa paralon merupakan pipa yang umum digunakan sebagai saluran air bersih maupun air kotor di rumah. Biasanya pipa ini ditanam di dalam dinding maupun lantai agar rumah tetap terlihat rapi. Namun, ada juga beberapa pipa yang dibiarkan terlihat. Misalnya saja seperti saluran air yang mengarah ke toren air.

tips menambal pipa
source : Grid.ID

Saluran pipa yang terlihat tentunya akan membuatmu mudah mendeteksi seandainya ada masalah, seperti kebocoran. Namun jika memang ada kebocoran, harus bagaimana ya? Apakah pipa harus langsung diganti atau bisa dilakukan penambalan agar pipa tetap bisa digunakan?

Ternyata kamu bisa lho mengatasi masalah kebocoran pipa ini tanpa perlu memanggil tukang, caranya yaitu:

  • Tentukan lokasi. Periksa di mana lokasi kebocoran terjadi. Terkadang memang agak sulit mendeteksinya karena kemungkinan ada banyak area pipa yang basah karena air terus mengalir dan membasahi beberapa area pipa. Namun, untuk bisa memperbaikinya kamu harus menemukan titik bocor yang sebenarnya.
  • Berikan tanda. Setelah menemukan lokasi kebocoran, langkah selanjutnya yaitu dengan memberikan tanda pada area yang bocor. Pastikan tanda yang kamu berikan sudah berada di lokasi yang benar.
  • Persiapkan kebutuhan. Untuk menambal area yang bocor, kamu harus menyesuaikan dengan lokasi kebocorannya terlebih dahulu, yaitu:
  1. Sambungan dengan drat, maka kamu bisa membuka sambungan dan kemudian menambahkan seal tape pada sambungan tersebut. Terkadang, kebocoran terjadi akibat seal tape yang digunakan terlalu tipis. Selain itu, pastikan sambung drat terpasang dengan benar saat memasangnya kembali, karena jika tidak maka kebocoran bisa tetap terjadi.
  2. Sambungan tanpa drat dan badan pipa, maka kamu bisa menggunakan lem khusus untuk pipa. Pastikan saat kamu merekatkan sambungan pipa semua area sudah tertutup oleh lem sehingga tidak ada titik bocor. Begitu pula jika kebocoran ada di badan pipa, maka kamu bisa mengolesi bagian bocor tersebut dengan lem hingga bocor tertutup.

Begitulah langkah mudah yang bisa kamu lakukan jika menemukan adanya bocor pada pipa PVC di rumahmu. Namun yang perlu diingat, selalu matikan saluran air terlebih dahulu saat akan memperbaikinya. Selain mencegah keluarnya air secara percuma, air yang terus mengalir juga bisa membuat lem pipa kering lebih lama.

Semoga cara di atas dapat bermanfaat, ya!