Home Tips & Trick

Agar Tak Diserang Hacker, Ikuti Tips Ini Saat Belanja Online

Supaya tidak diserang hacker ketika belanja online, coba lakukan tips berikut!

252
0
SHARE

Berbelanja online memang memberikan banyak keuntungan untukmu. Misalnya; mudah dalam transaksi, tidak wajib mendatangi toko ketika ingin membeli sesuatu, mendapatkan diskon untuk sandal kulit pria branded, dan sebagainya. Untuk kamu yang sedang mencari beragam sepatu olahraga untuk cowok pun biasanya online shop menyediakan pilihan yang lebih lengkap. Namun demikian, ketika belanja online, kamu tentu harus mewaspadai banyak hal, salah satunya seperti serangan hacker.

tips menghindari hacker ketika belanja online
source : google

Tahukah kamu, ternyata hacker tidak hanya menyerang akun media sosial kamu saja loh, akan tetapi juga akun belanja online-mu. Jika kamu tidak hati-hati, takutnya nanti malah akunmu di-hack untuk sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk itu, agar akun belanjamu tidak diserang hacker, alangkah baiknya ikuti tips berikut, check it out: (source: hipwee)

  1. Jangan log-in akun di tempat umum. Pastikan, untuk tidak log-in akun di tempat umum, misalnya seperti warung internet alias warnet. Mengapa tidak boleh? Ini karena sambungan internet di tempat tersebut akan semakin memudahkan hacker meretas informasi yang tengah dilakukan. Waspadai pula kemunculan keylogger, situs satu ini bisa mencuri data pribadimu, seperti password, username, nomor rekening, dan nama pengguna. Jika hacker berhasil mencuri, tentu yang rugi kamu sendiri sebagai pemilik akun.
  2. Update password secara berkala. Agar tidak lupa, terkadang banyak pemilik akun yang lebih memilih untuk tidak mengganti kata sandi akun mereka. Padahal, melakukan ini tidak boleh loh, sebab akan semakin memudahkan hacker masuk ke dalam akun belanjamu. Oleh karena itu, supaya terhindar dari kondisi ini, alangkah baiknya update password akun secara berkala. Jika perlu, masukkan kata sandi yang rumit seperti angka, simbol, huruf, dan sebagainya.
  3. Tidak membalas email yang mencurigakan. Ketika membuka email, kamu mungkin pernah mendapatkan email yang terlihat mencurigakan namun tetap berasal dari online shop. Waspadailah email yang seperti ini, takutnya nanti malah dikirim oleh hacker yang hendak mencuri data pribadimu. Jangan pernah sekali-kali membalas email tersebut dan segera hapus jika mendapatkannya, dengan begini tentu kamu bisa mengamankan akun email-mu serta akun belanjamu yang disinkronkan dengan alamat email itu.

Itulah cara mudah yang bisa dilakukan agar akun belanjamu tidak diserang oleh hacker. Semoga bermanfaat, ya! –SH–