Home Mobil

Agar Aki Mobil Tahan Lama, Rawatlah Secara Rutin!

Supaya tahan lama, maka alangkah baiknya rawatlah aki mobil Anda dengan beberapa cara mudah ini. Apa sajakah itu? Yuk, langsung simak pembahasannya disini!

41
0
SHARE

Tidak hanya bagian mesin saja yang wajib Anda rawat dengan cara mengganti bagian oli dengan oli mesin terbaik, akan tetapi aki juga patut dirawat karena komponen ini bisa mengalami soak karena usianya yang sudah menua atau disebabkan kotoran yang menempel. Jika bagian aki ini soak, tentu bisa membuat mobil Anda tidak bisa dinyalakan saat dibutuhkan. Untuk itu, agar kondisi ini tidak menimpa Anda, maka ada baiknya rawatlah aki mobil ini secara rutin setiap harinya.

tips merawat aki
source : google

Berikut ini beberapa saran yang bisa Anda coba. Simak, yuk! (source: showroommobil)

  1. Rajin memanaskan mesin mobil. Supaya aki mobil Anda tidak mengalami masalah, alangkah baiknya rajinlah memanaskan mesin mobil setiap hari sekalipun Anda tidak menggunakannya. Sebab mobil yang tidak pernah dipanaskan, bisa membuat aki self-discharge sekaligus menurunkan performanya, sehingga tidak heran jika banyak aki mobil soak. Bahkan, parahnya lagi, kondisi ini bisa mengakibatkan mobil tidak akan bisa dinyalakan.
  2. Periksa bagian terminal aki. Jangan lupa untuk memeriksa bagian komponen terminal aki mobil Anda. Sebab komponen ini bisa berjamur dan berkarat sehingga dapat memicu aki soak. Oleh sebab itu, jika aki Anda menunjukkan tanda tersebut, maka baiknya langsung bersihkan aki dengan menggunakan air panas, agar karatan maupun jamur hilang. Nah, jika bagian atas aki Anda sudah longgar, maka jangan sampai lupa untuk mengencangkannya. Jika sudah tidak memungkinkan untuk dikencangkan, gantilah aki dengan yang baru.
  3. Lihat jumlah pada bagian elektrolit aki. Periksalah elektrolit aki pada mobil Anda. Bagian ini sangat penting untuk diperiksa setiap bulan karena bisa meningkatkan risiko aki soak. Caranya juga tidak sulit, Anda tinggal mengecek bagian ampere aki, apabila aki berkurang ataupun sudah berada di bawah garis low itu berarti jumlah eletroklitnya menurunkan. Untuk itu, isi ulang kembali air ke dalam aki mobil Anda.
  4. Langsung bawa ke bengkel terdekat. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merawatnya, maka salah satu cara paling adalah dengan membawanya langsung ke bengkel mobil. Nantinya, montir akan memberitahu Anda jika komponen aki harus diganti atau hanya dilakukan perawatan.

Selain itu, untuk Anda yang berkendara saat banjir, ada baiknya segera periksa aki Anda segera setelah sampai di rumah. Pastikan bahwa komponen ini aman karena berisiko terjadinya konslet akibat terkena air saat menerjang banjir. Itulah beberapa cara merawat aki yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Semoga bermanfaat! –SH–

LEAVE A REPLY