Home Kesehatan

Panduan Menggunakan Softlens untuk First Timer

Baru pertama kali menggunakan softlens? Nah, kami memiliki beberapa tips pemakaian softlens yang aman sekaligus tidak membahayakan mata. Apa sajakah? Cek pembahasannya di bawah ini!

31
0
SHARE
menggunakan softlens
source : alodokter

Menggunakan softlens merupakan pilihan terbaik bagi sebagian orang untuk mengatasi masalah penglihatan mereka. Sebab softlens ditengarai lebih ringkas dan efektif jika dibandingkan dengan penggunaan kacamata. Untuk kamu yang baru saja membeli softlens di Klinik Health Care, rumah sakit, atau optik terbaik, kami punya beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemakaian softlens ini tetap aman dan tidak membahayakan. Yuk disimak daftarnya!

  1. Jangan menggunakan softlens saat berenang. Nah, buat kamu yang memiliki masalah penglihatan, menggunakan softlens merupakan salah satu cara agar kamu bisa berenang dengan nyaman. Menggunakan kacamata tidak bisa menjadi pilihan karena air akan membuat lensanya berkabut. Akan tetapi, ternyata menggunakan softlens juga tidak aman. Sebab dikhawatirkan bakteri dan kuman yang ada dalam kolam renang akan masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi pada softlens. Jika terus dibiarkan, maka kedua matamu bisa berbahaya, lho. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menggunakan softlens saat berenang, ya.
  2. Ganti softlens setiap 3 bulan sekali. Jika kamu menggunakan softlens secara rutin setiap hari, maka pastikan kamu selalu mengganti softlens secara berkala. Waktu yang disarankan adalah 3 bulan sekali atau maksimal 6 bulan sekali. Jangan menggunakan softlens dalam jangka waktu yang lama karena softlens sejatinya tidak didesain untuk pemakaian tahunan. Tidak hanya itu, kamu pun harus memastikan bahwa softlens yang digunakan selalu dalam keadaan bersih dan disimpan dengan baik.
  3. Selalu lepas softlens saat tidur. Saking lelahnya setiap selesai beraktivitas, kamu mungkin agak malas untuk melepas softlens dan membersihkannya. Inginnya sih langsung tidur agar bisa segera beristirahat. Namun demikian, sebaiknya hindari kebiasaan ini, ya. Sebab tidur dengan kondisi softlens masih terpasang hanya akan membawa dampak buruk untuk matamu. Sebab mata bisa iritasi karena memakai softlens dalam waktu yang lama. Selelah apa pun, selalu sempatkan untuk melepas softlens dan membersihkannya, ya.
  4. Pastikan selalu bersih. Entah ketika hendak digunakan atau setelah digunakan, selalu pastikan bahwa softlens dalam keadaan bersih. Simpan di tempat yang sudah disediakan dan bersihkan softlens dengan cairan pembersih. Hal ini penting, sebab softlens akan berhubungan langsung dengan mata kamu. Kamu tentunya tidak mau dong menggunakan softlens yang kotor dan berpotensi membahayakan mata? Untuk itu, kebersihan softlens harus selalu dijaga.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu menggunakan softlens. Semoga membantu, ya! (TR)

LEAVE A REPLY