Home Kesehatan

5 Alternatif Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes

Ini dia deretan makanan sehat pengganti nasi yang bisa dimakan oleh para penderita diabetes. Cek, yuk!

245
0
SHARE
makanan pengganti nasi
source : kumparan

Bagi penderita diabetes, wajib hukumnya untuk memerhatikan asupan karbohidrat. Percuma saja jika sudah rutin melakukan monitor gula darah kalau tidak bisa menahan diri untuk makan makanan enak. Tenang saja, ada banyak pilihan makanan lain selain nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat Anda. Dan kabar baiknya, semua makanan ini sebenarnya tak kalah mengenyangkan dibandingkan nasi. Jadi, apa saja karbohidrat sehat tersebut?

  • Nasi merah

Nasi merah merupakan alternatif yang paling mirip dengan nasi putih. Nasi merah dikenal dengan kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih. Nah, serat ini dapat bermanfaat untuk memperlambat penyerapan gula dalam darah.

  • Quinoa

Qunioa merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman yang ada dari 5000 tahun yang lalu. Chenopodium quinoa namanya. Tanaman ini berasal dari daerah Peru, Ekuador, Bolivia, dan Kolombia. Ada beberapa jenis quinoa, tetapi yang ada di Indonesia biasanya adalah quinoa putih dan merah. Dibanding beras, quinoa memiliki energi dan protein yang lebih tinggi tetapi karbohidrat yang lebih rendah. Selain itu, serat pada quinoa dapat membantu dalam meminimalisir resiko terjadinya serangan jantung dan membantu mencegah pembentukan batu empedu.

  • Whole wheat

Whole wheat atau pasta gandum utuh merupakan alternatif lain yang bisa Anda pilih. Pasta gandum ini bisa Anda kreasikan menjadi berbagai masakan lezat. Anda bisa mengolahnya dengan bumbu pasta dan menambahkan sayur yang tidak mengandung zat tepung.

  • Ubi jalar

Ubi jalar juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik. Ditambah lagi, menurut penelitian yang dikutip dari doktersehat, ubi jalar memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar hormon insulin. Selain itu, kadar kalorinya juga tidak terlalu tinggi. Secara keseluruhan, ubi jalar baik untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

  • Roti gandum

Penggemar roti? Sayangnya, roti yang terbuat dari tepung putih ­tidak direkomendasikan untuk pengidap diabetes. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi roti gandum. Rasanya tak kalah nikmat dari roti yang lain. Meski demikian, roti gandum dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes dan mengurangi perkembangan diabetes.

Yuk, buat menu makanan Anda jadi lebih sehat! (Rima)