Home Kecantikan

4 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Menyebabkan Penuaan Dini

Ini dia beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hindari, yuk!

113
0
SHARE

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kulit pasti akan ikut menua. Banyak orang yang menginginkan kulitnya tidak menua sedikitpun sehingga rela melakukan berbagai macam cara membuat awet muda. Sayangnya, tanda penuaan pada kulit terkadang muncul meskipun usia kita masih tergolong muda.

kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penuaan dini
source : google

Memang, selain faktor usia ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan tanda penuaan muncul lebih awal atau yang biasa disebut dengan penuaan dini. Misalnya saja seperti melakukan beberapa kebiasaan buruk berikut ini:

  1. Tidak menggunakan tabir surya

Tidak jarang kita mendengar tentang ‘untuk apa menggunakan tabir surya, toh kita gak pergi ke pantai.’ Teman, mindset tentang menggunakan tabir surya hanya pada saat berkegiatan di tempat yang membuat kulit kita terkekspos matahari harus kita ubah. Sebab,  sinar UV yang dapat merusak kulit kita dapat menembus kaca ruangan yang ada disekitar kita, lho! Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF paling tidak 30+ setiap kita mau keluar rumah, ya!

  1. Merokok

Walaupun Anda tidak tergolong perokok rutin yang membakar dan menghisap rokok setiap harinya dan hanya melakukannya sekali atau dua kali pada saat nongkrong saja, dapat mempengaruhi ritme pendewasaan kulit kita. Kandungan tembakau yang mengandung kurang lebih 3.800 komponen kimia dapat merusak tidak hanya organ dalam kita saja, tapi juga kesehatan kulit kita. Maka dari itu, hindari merokok untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda.

  1. Mengonsumsi alkohol berlebih

Dikutip dari medcom.id, Alkohol dapat menyebabkan penurunan neurodegeneratif, memperburuk ketidakseimbangan hormon, menyebabkan masalah tidur, dan meningkatkan lemak tubuh. Poin-poin tersebut tentunya dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita juga.

  1. Pola hidup tidak sehat

Kulit kita secara otomatis akan berubah menjadi kusam dan tidak cerah jika pola tidur tidak teratur dan cenderung sering begadang. Karena pada umumnya, jam malam saat kita tidur adalah waktu yang selalu digunakan untuk metabolisme tubuh kita bekerja. Asupan makanan yang sehat juga amat sangat berpengaruh jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan awet muda. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C agar kulit kita terlihat lebih cerah dan sehat. Jangan lupa juga untuk mengurangi frekuensi memakan makanan Junkfood.

Nah, setelah mengetahui beberapa kebiasaan buruk di atas, ada baiknya jika Anda mulai menghindarinya sejak saat ini. Dengan begitu Anda akan terbebas dari masalah penuaan dini. Semoga bermanfaat.