Home Tips & Trick

5 Alasan Kenapa Anak Harus Dibiarkan Bergerak Bebas

Membiarkan anak bergerak bebas? Tidak usah takut dulu, moms!

39
0
SHARE

Hari liburan memang sangat cocok untuk dihabiskan Bersama keluarga. Selain untuk bercengkerama dengan satu sama lain, anak-anak yang merasa penat dengan kegiatan padat belajar di sekolah juga dapat terhibur. Banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya untuk pergi dan menghabiskan akhir pekannya dengan mengunjungi tempat berlibur anak di Jakarta.

alasan mengajarkan anak bergerak bebas
source : google

Mengajak anak ke tempat tertentu memang bisa membuat anak menjadi lebih aktif baik dalam segi fisik dan sosial. Terkadang banyak orang tua yang merasa ketakutan jika melihat anaknya berlari-lari dan menggunakan fisiknya saat suasana hatinya sedang senang dimana orang tua seharusnya mendukung kegiatan tersebut agar anak menjadi lebih aktif. Membiarkan anak menguji kekuatan fisiknya sebenarnya memiliki banyak manfaat, lho. Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa manfaat yang di dapatkan dari melakukan aktivitas fisik. (source:sahabatnestle)

  1. Mendukung perkembangan dan kesehatan tulang, otot dan persendian

Aktivitas fisik yang dilakukan si kecil secara teratur akan membuat otot dan tulang-tulangnya tumbuh dengan kuat. Manfaat yang akan didapatkan oleh anak di masa mendatang akibat aktif dalam bergerak dan melakukan kegiatan fisik adalah massa tulangnya yang menjadi semakin kuat. Karena pada pasalnya, semakin menuanya umur, kondisi tulang yang dimiliki akan mulai berkurang. Namun jika sedari kecil sudah memiliki massa tulang yang kuat, risiko anak terkena osteoporosis semakin sedikit.

  1. Mendukung perkembangan dan kesehatan jantung

Jika si kecil selalu bergerak aktif secara rutin, kerja jantung dan otot-ototnya akan menjadi semakin baik dan semakin efisien pula kerjanya. Jika si kecil memiliki jantung sehat yang sering dilatih, risiko anak terkena penyakit jantung di masa mendatang pastinya akan berkurang. Selain untuk kesehatan jantung, melatih anak dengan kegiatan fisik yang rutin juga akan mengurangi kadar kolesterol dan juga menurunkan tekanan darah.

  1. Mendukung perkembangan dan kesehatan paru-paru

Peningkatan kapasitas paru-paru anak juga akan sangat terbantu jika anak selalu diberikan kegiatan yang harus menguji fisiknya. Membiarkan si anak beraktivitas juga akan membuat paru-paru dapat menyimpan banyak oksigen dan juga karbondioksida yang dikeluarkan dari tubuh.

  1. Menjaga tekanan darah dan kadar gula dalam darah

Ketika anak sedang aktif bergerak, ototnya akan bekerja dan menggunakan glukosa yang terdapat di dalam darah agar dijadikan energi. Maka dari itu, membiarkan anak bergerak dengan aktif akan membuat gula tidak menumpuk di dalam darah hingga dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Membiarkan anak bergerak dengan aktif juga membantunya untuk menjaga tekanan darah.

  1. Menjaga berat badan anak agar tetap ideal

Pasalnya, pada saat bergerak tubuh manusia menggunakan kalori yang terdapat di dalam tubuh agar tidak berubah menjadi lemak yang dapat berpengaruh pada berat badan. Si kecil akan terhindar dari kemungkinan mengalami obesitas jika dibiarkan bergerak bebas dengan frekuensi yang sering.

Selain dari segi kesehatan, membiarkan si anak bergerak secara bebas dan aktif juga akan membuat suasana hatinya riang. Maka dari itu, para orang tua akan sangat disarankan untuk mendorong anak-anaknya agar menjalani aktivitas yang menguji fisik demi kesehatannya di masa mendatang. Semoga bermanfaat!