Home Motor

4 Tips Cerdas Membedakan Oli Asli dengan Oli Palsu

Agar tak salah pilih, berikut cara mengecek oli palsu dan asli. Yuk, simak!

109
0
SHARE
membedakan oli asli dan palsu
source : fastnlow

Tentunya Anda menginginkan oli motor terbaik untuk matic agar performa kendaraan jadi lebih prima. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata oli yang Anda gunakan merupakan produk oli palsu? Ya, kebutuhan oli yang tinggi membuat beberapa orang yang tidak bertanggung jawab sengaja memalsukan oli dengan merk tertentu dan mengedarkannya di pasaran. Jangan sampai tertipu, Anda bisa membedakan oli asli dan palsu dengan beberapa tips berikut ini!

  • Label pada kemasan

Hati-hati, biasanya produk oli pelumas palsu memiliki kemasan yang sangat mirip dengan yang asli. Akan tetapi, jika diamati dengan lebih teliti, Anda akan menemukan perbedaannya. Anda bisa memerhatikan label paa kemasan oli tersebut. Produsen oli yang asli selalu mencetak kemasannya dengan teknologi berkualitas. Selain itu, ada semacam logo hologram dan kode tersendiri pada kemasan oli asli. Biasanya logo dan kode pada kemasan oli palsu terlihat tidak terlalu nyata dan berkualitas rendah.

  • Nomor identifikasi kemasan

Pada produk oli asli terdapat nomor identifikasi yang diletakkan pada dua tempat berbeda, yakni pada tutup botol dan kemasan oli pelumas. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa nomor identifikasi pada dua bagian tersebut. Jika salah nomor identifikasi tidak ditemukan di salah satu tempat, kemungkinan oli tersebut adalah produk tiruan.

  • Tutup kemasan

Tutup kemasan oli yang berasal dari produsen asli biasanya disertai dengan teknologi yang membuat tutup tersebut hanya bisa digunakan satu kali saja. Setelah oli dibuka, maka tutup tersebut tidak bisa kembali seperti semula. Jika Anda menemukan kejanggalan pada tutup kemasan oli yang baru Anda beli, sebaiknya waspada karena mungkin saja pemalsu menggunakan kembali tutup oli bekas.

  • Warna, bau, dan kekentalan oli

Selain dari kemasan, perbedaan oli asli dan palsu juga bisa diidentifikasi dari warna dan bau. Oli yang asli memiliki warna bening dan tidak berbau. Sedangkan oli palsu biasanya agak keruh dan memiliki bau yang aneh dan berbeda dari biasanya. Namun, agak sulit membedakan oli palsu dan asli dari baunya, mengingat masing-masing oli memiliki ciri khas bau yang berbeda. Jika sulit membedakan dari bau, maka Anda bisa melihat kekentalan oli.

Itulah beberapa tips membedakan oli asli dan palsu. Semoga bermanfaat! (Rima)