Home Properti

3 Tipe Pipa PVC yang Sering Dimanfaatkan untuk Saluran Air

Ini, tiga jenis pipa PVC yang sering digunakan untuk saluran air di rumah

151
0
SHARE

Apakah kamu tengah membangun rumah dan belum mengetahui tipe pipa manakah yang bagus digunakan untuk saluran air di rumah? Ataukah berniat untuk mengganti pipa air yang sudah patut untuk diganti? Maka, tidak ada salahnya nih kamu mencoba untuk mengganti sekaligus memakai beberapa tipe pipa berjenis PVC, yang biasanya sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mengalirkan air bersih maupun air pembuangan yang terdapat di dalam rumah.

pipa PVC
pipa PVC

Namun, untuk pipa PVC ini sendiri menawarkan berbagai macam bentuk pipa yang bisa dijadikan sebagai pipa untuk mengalirkan air di rumah. Akan tetapi, ada beberapa tipe pipa PVC ini yang seringkali digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pipa untuk pengaliran air. Pipa bertipe apakah itu? Berikut ini diantaranya:

  1. Pipa PVC tipe AW dengan diameter ½ dan 1. Nah, bagi kamu yang hendak mengalirkan air bersih di rumah, maka pipa yang sangat cocok kamu gunakan untuk mengalirkan air bersih ini adalah pipa PVC dengan tipe AW berdiameter ½ ataupun 1. Untuk kedua tipe pipa ini, umumnya dimanfaatkan untuk menyalurkan air bersih langsung dari PAM atau tangka air. Namun, kedua pipa ini pun memberikan manfaat yang berbeda, dimana pipa tipe AW dengan diameter 1 kekuatan untuk mengeluarkan airnya jauh lebih kuat dibandingkan dengan tipe pipa berdiameter ½.
  2. Pipa PVC tipe D dengan diameter 4. Selain pipa air bersih, terdapat pula pipa PVC untuk air pembuangan bertipe D dengan diameter 4. Biasanya, tipe pipa PVC berjenis ini dimanfaatkan untuk mengaliri air pembuangan dari kamar mandi, air hujan, dan air bekas cucian. Dan, dipasang di bagian sebelah kanan maupun kiri bangunan rumah.
  3. Pipa PVC tipe C dengan diameter 5/8. Tidak hanya untuk saluran air, ada lagi pipa PVC berdiameter 5/8 tipe C yang dijadikan sebagai pipa untuk melindungi berbagai kabel listrik baik TV maupun kabel lainnya di rumah. Untuk itu, jika kamu mempunyai banyak kabel yang letaknya berantakan dan tidak mau tergores apabila terkena benda lain, maka kamu sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan pipa PVC tipe ini.

Demikianlah beberapa tipe pipa PVC yang sering dimanfaatkan untuk saluran air di rumah. -SH-