Home Tips & Trick

3 Teknik Mengukir Kayu yang Bisa Diterapkan Pada Kusen

Ini dia cara mengukir kayu yang bisa diterapkan pada kusen yang nantinya bisa digunakan untuk pintu maupun jendela!

292
0
SHARE
teknik mengukir kayu untuk kusen
source : pixabay

Satu kelebihan kusen kayu dibandingkan kusen UPVC, yakni bisa diukir. Bagi Anda yang ingin meningkatkan nilai seni pada hunian, menggunakan kusen kayu yang diukir akan sangat direkomendasikan. Apalagi, jika Anda berminat untuk mengukirnya sendiri. Tentunya ada perasaan bangga tersendiri jika ukiran pada kusen kayu rumah merupakan hasil karya Anda. Nah, bagi Anda yang belum pernah mengukir kayu sebelumnya, tak ada salahnya untuk berlatih dan memahami beberapa teknik mengukir kayu terlebih dahulu.

  • Carving

Carving merupakan teknik mengukir permukaan datar kayu atau biasa juga disebut dengan seni chipping. Teknik ini bertujuan untuk membuat ukiran agar tampak timbul atau berbentuk tiga dimensi. Carving biasanya dilakukan dengan menggunakan tools seperti pisau pahat dan palu atau pisau ukir. Dalam prosesnya, biasanya pengrajin kayu membuat gambar terlebih dahulu kemudian baru mengukir kayu hingga berbentuk tiga dimensi seperti relief.

  • Pembakaran kayu

Teknik ini merupakan teknik yang dilakukan untuk menambahkan desain tambahan sebagai finishing. Teknik ini hanya dilakukan pada kayu model kecil sehingga di sekitar ukiran dapat timbul efek hitam seperti bayangan yang membuat ukiran terkesan lebih hidup.

  • Mengerik

Mengerik merupakan teknik yang sudah lama diterapkan dan termasuk yang paling sederhana. Teknik ini hanya membutuhkan sepotong kayu dan pisau ukir. Meskipun tampaknya mudah, teknik mengerik membutuhkan ketelitian dan kegigihan yang tinggi. Tidak semua orang dapat menguasainya dalam waktu singkat. Bagi pemula, untuk membuat ukiran dengan teknik ini biasanya dibutuhkan waktu paling cepat setengah jam. Untuk mengukir detail yang keil, pemahat kayu yang sudah ahli kerap menggunakan pisau dengan ukuran terkecil.

Nah, ketiga teknik di atas bisa diterapkan untuk mengukir kayu yang nantinya akan menjadi kusen jendela atau pintu rumah Anda. Meskipun rumit, tak ada salahnya untuk mencoba belajar mengukir kayu. Jika ternyata ukiran pada kusen kayu Anda memuaskan, siapa tahu Anda bisa menjual kembali kusen tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Namun, jika Anda memang ingin menekuni keterampilan ini, tetap semangat dan jangan mudah menyerah ya! (Rima)