Home Kesehatan

3 Penyakit Ringan yang Kerap Muncul Pada Ibu Hamil

Penyakit ini kerap muncul pada ibu hamil saat masa kehamilan!

253
0
SHARE

Selain mengetahui berbagai makanan sehat untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi pada masa kehamilan, maka semua ibu hamil diwajibkan pula untuk mengetahui beberapa penyakit ringan yang kerapkali muncul pada awal kehamilan. Meski termasuk penyakit ringan, namun jika berbagai penyakit ini tetap dibiarkan dan tidak diperiksakan ke Dokter, malah bisa membahayakan Ibu maupun janin yang dikandungnya. Yang lebih parahnya lagi, terkadang penyakit ringan ini pun bisa menyebabkan janin lahir prematur dan memiliki berat cukup rendah.

makanan sehat untuk ibu hamil
source : Google

Berikut ini adalah beberapa penyakit ringan yang kerap muncul pada masa kehamilan, dan sebaiknya apabila Ibu terkena penyakit ini sesegera mungkin periksakan diri ke Dokter. Simak, yuks!

  1. Infeksi saluran kemih. Salah satu penyakit ringan yang menyerang ibu hamil adalah infeksi saluran kemih, yang bisa ditandai dengan nyeri saat buang air kecil, ada rasa tidak puas ketika buang air kecil, ataupun selalu merasa ingin buang air kecil padahal baru saja ke kamar mandi. Kendati demikian, namun Ibu masih bisa mengobati penyakit ringan ini dengan mengonsumsi antibiotik yang diberikan oleh Dokter kandungan. Dan perlu diketahui, apabila Ibu tidak segera mengobati penyakit yang satu ini, maka tidak menutup kemungkinan janin yang lahir nantinya prematur atau pun memiliki berat yang sangat rendah.
  2. Biasanya, untuk seorang wanita, cairan vagina normal memiliki warna putih jernih yang bila menempel ke celana dalam bisa berubah warna menjadi kuning terang, ataupun tidak mengeluarkan bau atau keluhan. Namun, untuk keputihan yang tidak normal, berwarna kehijauan, putih susu, dan terkadang ada yang keabuan sekaligus memunculkan bau tidak sedap. Nah, apabila Ibu mengalami keputihan yang berwarna dan berbau, sesegera mungkin periksa deh ke Dokter. Karena, apabila tidak diperiksa maka bisa menyebabkan bayi lahir prematur.
  3. Anemia merupakan sebuah penyakit yang acapkali menyerang ibu hamil. Lantaran, adanya peningkatan pembentukan sel darah merah yang tidak diseimbangkan dengan asupan nutrisi. Untuk menghindari penyakit ini, ada baiknya Ibu secara rutin untuk memeriksakan diri ke Dokter kandungan. Selain itu, Ibu juga bisa mencegahnya dengan selalu mengonsumsi nutrisi yang cukup seperti vitamin B, asam folat, zat besi, dan sebagainya.

Jika Ibu mengalami beberapa penyakit ringan di atas, maka jangan lupa langsung memeriksakan diri ke Dokter kandungan, ya! –SH–