Home Musik

Hindari Nyeri saat Main Gitar dengan Lakukan Ini!

Suka nyeri saat main gitar? Coba lakukan beberapa cara ini untuk menghindari nyerinya, yuk!

52
0
SHARE
bermain gitar
source : superprof

Keseringan bermain gitar terkadang bisa menimbulkan rasa nyeri dan sakit, loh. Penyebabnya karena ujung jari tangan terlalu keras menekan senar gitar, yang mana jika dibiarkan dapat menyebabkan ujung jari menjadi kapalan. Nah, supaya kamu terhindar dari kapalan tersebut, maka saat bermain gitar yang dibeli melalui toko jual gitar termurah dan terlengkap seperti MG Sports & Music, sebaiknya lakukan beberapa hal ini:

Rendam jari di cuka apel

Apabila merasakan nyeri setelah bermain gitar, cobalah merendamkan jari ke cuka apel. Mengutip laman hot.detik.com, merendam jari selama beberapa menit saja ke dalam cuka apel diyakini dapat membantu menghilangkan nyeri yang dirasakan, loh. Cuka apel dipercaya dapat mematikan efek nyeri akibat terlalu lama bermain gitar.

Caranya mudah, cukup mencampurkan cuka apel ke dalam air, lalu langsung rendamkan jari ke dalamnya. Setelah beberapa menit, nyeri pun hilang.

Pijat ujung jari yang nyeri

Jika di rumah tidak ada cuka apel, kamu bisa meredakan nyeri yang dirasakan dengan memijat-mijat ujung jari. Ini dilakukan supaya nyeri yang kamu rasakan tidak terasa lagi. Di samping itu, dengan memijat jari seperti ini dapat membantu menghilangkan kapalan, loh.

Lalu, gimana caranya? Kepalkan tanganmu, kemudian buka kepalan tersebut dan regangkan jari-jarinya. Supaya hasilnya maksimal, lakukan cara ini beberapa kali atau sampai nyerinya hilang.

Tangan basah? Jangan main gitar!

Di saat tanganmu sedang basah sebaiknya hindarilah bermain gitar. Alasannya karena bermain gitar dalam keadaan tangan basah malah dapat merusak proses pembentukan kapalan, loh. Jika rusak, tentu dapat memperparah rasa nyeri yang dirasakan.

Untuk itu, pastikan tanganmu tidak basah saat bermain gitar dan jika sudah terlanjur mencucinya maka berilah jeda selama kurang lebih 15 menit sebelum bermain gitar supaya keringnya sempurna.

Jangan terlalu keras menekan senar gitar

Ketika bermain gitar disarankan jangan menekan senarnya terlalu keras, ya. Lantaran, menekannya sampai keras bisa meninggalkan bekas dan menimbulkan kapalan di jari tangan. Sebaiknya, tekanlah senar ke bagian bilah logam (fret), kendurkan sedikit genggaman (tapi jangan melepas jari yang sudah menempel di senar), selanjutnya baru cek suara gitar.

Apabila bunyinya masih kurang pas, tekanlah kembali senar dengan posisi yang menurutmu nyaman.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari nyeri yang dirasakan ketika bermain gitar, salah satunya gitar akustik. Eits, jangan hanya tahu cara menghindari nyerinya saja, ya, kamu juga perlu tahu cara menyimpan gitar akustik dalam waktu yang lama supaya gitarmu tetap awet. Semoga membantu!

LEAVE A REPLY