Home Tips & Trick

Air dari Keran Kotor, Bagaimana ya?

Air yang keluar dari keran kotor? Gimana ya cara mengatasinya? Simak tipsnya di kelanjutan artikel ini, ya!

209
0
SHARE
kran air kotor
source : ParaPuan

Air merupakan kebutuhan yang vital dalam keseharian. Namun, tentunya air yang dibutuhkan adalah air yang bersih dan tidak tercemar oleh kontaminan apapun. Sayangnya, sering kali air yang keluar dari keran air yang kamu gunakan di rumah justru terlihat tidak bening. Padahal kamu sudah menggunakan produk keran air yang berkualitas agar aliran air menjadi lancar.

Penyebab Air Keran Kotor dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya ada banyak penyebab air yang keluar dari keran tidak bening. Misalnya:

  • Adanya kotoran pada pipa saluran air
  • Sumber air yang kotor

Namun, apapun penyebabnya ini membuktikan bahwa air telah tercemar oleh kontaminan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya ya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Gunakan Filter Air

Cara paling ampuh yang pertama adalah dengan memasang filter air berkualitas pada saluran air rumahmu. Sebaiknya, pasang alat filter air ini dekart dengan sumber pertama air. Misalnya, kamu menggunakan air dari PDAM, maka pasanglah dekat dengan dengan meteran air. Dengan begitu, seluruh air yang mengalir ke dalam rumah sudah dijamin kebersihannya.

Namun, ada hal yang perlu kamu pertimbangkan jika menggunakan filter air, salah satunya adalah aliran air yang mungkin akan mengecil. Penyebabnya, karena air harus melewati hambatan terlebih dahulu sebelum bisa mengalir. Selain itu, kamu juga harus secara rutin mengganti saringan pada alat filter air agar fungsinya menyaring air dapat maksimal.

  1. Pasang Penyaring di Keran

Untuk kamu yang memilih untuk tidak menggunakan filter air karena berbagai penyebab, bisa mempertimbangkan cara paling sederhana yaitu dengan menggunakan saringan pada setiap keran. Dengan begitu, air yang keluar dari keran sudah bebas dari partikel.

Namun, ada beberapa kekurangan dari penggunaan saringan pada keran. Pertama, membuat tampilan keran menjadi kurang menarik. Kedua, fungsi filter atau penyaringnya umumnya hanya bisa menyaring partikel berukuran agak besar. Tidak dapat menyaring partikel kecil, apalagi kuman atau bakteri. Jadi, terkadang air yang keluar tidak sebersih jika menggunakan alat filter air.

  1. Manfaatkan Pompa Air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terkadang kotornya air dari keran akibat dari endapan kotoran yang ada pada saluran pipa. Cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan endapan ini adalah dengan menggunakan pompa berkekuatan tinggi.

Tekanan air dari pompa ini akan mendorong endapan yang ada pada saluran pipa. Namun, jangan lupa untuk melepas keran air terlebih dahulu agar kotoran dapat lolos keluar tanpa hambatan.

Begitulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi air keran yang kotor. Semoga bisa membantu mengatasi permasalahan air di rumahmu, ya!