Home Kesehatan

Daftar Buah yang Perlu Dikonsumsi untuk Cegah Hipertensi

Penderita hipertensi? Beberapa jenis buah ini wajib untuk dikonsumsi!

55
0
SHARE

Hampir semua orang tahu bahwa hipertensi dikenal sebagai silent killer karena seringkali muncul tanpa gejala namun dapat menimbulkan kematian. Hanya saja, tak perlu panik karena hipertensi sebetulnya dapat dicegah, yakni dengan menerapkan pola makan sehat. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, serat, dan rendah sodium juga bisa membantu mencegah hipertensi. Dengan demikian, meski Anda sudah terlindungi dengan asuransi kesehatan individu, dijamin Anda tidak perlu memanfaatkannya untuk masalah hipertensi ini.

buah untuk hipertensi
source : SehatQ

Nah, tak hanya pola makan sehat, memilih buah-buahan yang tepat secara tak langsung juga bisa menurunkan darah tinggi. Berikut daftar buahnya:

  1. Jambu biji. Kandungan potasium yang tinggi dalam jambu biji ternyata baik untuk penderita hipertensi. Pasalnya, potasium dapat meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan juga menurunkan tekanan darah. Untuk Anda yang punya kolesterol tinggi pun, mengonsumsi jambu biji secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah.
  2. Pisang. Tak hanya mudah ditemukan di pasaran, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab dalam pisang terkandung mineral, kalium, dan juga potasium, yang dapat menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh. Hanya saja, mengingat pisang juga mengandung sekitar 25 persen gula murni, mengonsumsi pisang dapat meningkatkan kadar gula secara cepat. Disarankan untuk mengonsumsi pisang setelah makan atau bahkan mencampurkan pisang dalam makanan lain, seperti oatmeal atau yoghurt, misalnya.
  3. Buah berry. Raspberry, stroberi, dan juga blueberry kaya akan flavonoid yang bisa membantu mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. Buah-buahan ini bisa Anda konsumsi secara langsung, atau dibekukan di freezer untuk dijadikan sebagai Nikmat!
  4. Kiwi. Menurut hasil studi yang tertuang dalam Journal of the American College of Nutrition tahun 2007, mengonsumsi tiga buah kiwi setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah. Fakta ini juga didukung oleh kandungan dalam kiwi, seperti lutein yang berfungsi sebagai antioksidan penghancur radikal bebas. Tidak hanya itu, kiwi juga nikmat dikonsumsi dan bahkan bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan.

Itu dia beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah hipertensi dan juga menurunkan tekanan darah. Silakan masukkan ke dalam daftar belanja Anda, ya!

LEAVE A REPLY