Home Mobil

Waspada, Ini 5 Risiko Melaju dengan Ban Mobil Kempes

Ban mobil kempes? Risiko ini bisa Anda alami!

127
0
SHARE
ban mobil kempes
source : liputan6

Asuransi kendaraan terbaik memang dapat membantu mengatasi kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan. Namun, tentu tak ada orang yang mau mengalami kecelakaan, bukan? Untuk itu, penting hukumnya memeriksa kondisi mobil sebelum digunakan. Banyak orang yang lupa memeriksa komponen mobil, termasuk ban. Padahal, jika ban kempes dan tetap dijalankan, maka hal tersebut dapat memicu beberapa risiko yang dapat membahayakan keselamatan berkendara. Berikut inilah beberapa risiko yang harus diwaspadai jika ban mobil kempes.

  • Bahan bakar jadi cepat habis

Risiko paling ringan yang bisa Anda alami saat melaju dengan ban yang kempes adalah tingginya konsumsi bahan bakar. Sebab ban yang kempes akan membuat tapak ban mengalami perubahan dan permukaan ban pun menjad lebih lebar, sehingga diperlukan energi lebih untuk membuat mesin bekerja. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar pun akan meningkat dan suhu ban pun akan menjad lebih cepat panas.

  • Setir mobil sulit dikendalikan

Biasanya, saat mobik kempes, kendali atau setir mobil cenderung berbalik ke satu arah, ke arah posisi ban mobil yang kempes. Hal ini akan membuat mobil sulit dikendalikan karena tidak stabil dan seimbang.

  • Memicu ban meletus

Ban meletus bukan hanya diakibatkan oleh tekanan angin yang berlebih, tetapi bisa juga karena kekurangan angin. Sebab ban yang kempes dapat membuat permukaan ban menjadi retak dan bolong. Jika ban kempes terus menerus dibiarkan, tak jarang yang berakhir meletus. Padahal jika sedang melaju pada kecepatan tinggi, ban meletus sangatlah berbahaya dan bisa berakibat fatal.

  • Risiko kecelakaan menjadi lebih besar

Baik melaju dengan kecepatan sedang atau tinggi, melaju dengan ban mobil yang kempes dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terlebih jika melintasi jalanan yang menurun atau menanjak. Risko kecekalaan menjadi lebih besar, baik itu kecelakaan tunggal atau pun kecelakaan yang juga membahayakan pengendara lain.

  • Menjadi sasaran empuk kriminal

Tak jarang pengendara mobil dengan ban kempes menjadi sasaran empuk bagi para kriminal di tempat sepi. Mereka dapat beraksi ketika Anda meminggirkan kendaraan dan mengambil barang-barang berharga yang ada di mobil. Hal ini tentu dapat mengancam keselamatan Anda.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat berkendara. Pastikan ban mobil dalam keadaan prima sebelum digunakan. (Rima)