Home Liburan

Uniknya Tradisi Mudik di Beberapa Negara Ini!

Sudah tahu, ternyata di beberapa negara di dunia juga memiliki tradisi mudik yang sangat unik, loh!

91
0
SHARE

Tahun ini, kamu mudik, gak? Khusus buat kamu perantau, pasti akan langsung menjawab mudik, kan? Yap, mudik menjadi momen paling ditunggu karena di momen ini kita bisa berkumpul bersama sanak keluarga. Biasanya, sebelum mudik, pasti banyak persiapan yang harus disiapkan terlebih dahulu seperti mencari oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah, membeli pakaian untuk Lebaran, hingga membuat asuransi mudik agar perjalanan semakin aman. Apalagi untuk kamu yang mudik menggunakan motor harus mewaspadai bahayanya, sebab tingkat kecelakaan saat mudik pada kendaraan roda dua lebih tinggi dibandingkan dengan roda empat.

tradisi mudik Lebaran
source : manunggalundip

Berbicara mengenai mudik, tradisi mudik ini tidak hanya berlaku di Indonesia saja, loh. Ternyata beberapa negara di dunia juga mengadakan tradisi satu ini. Di mana sajakah? Yuk, langsung dicek! (source: IDNTimes)

  1. Malaysia. Ketika Lebaran, masyarakat Malaysia pun tak ketinggalan memanfaatkan momen ini. Nah, jika di Indonesia pulang Lebaran dikenal dengan istilah mudik atau pulang kampung namun beda halnya dengan Malaysia. Masyarakat Malaysia lebih mengenal Balik Kampung. Makna Balik Kampung ini pun tidak jauh dari mudik, di mana pulang ke tempat asal dan berkumpul bersama dengan sanak saudara di rumah. Di momen ini, perjalanan pun biasanya sedikit macet di hari biasanya.
  2. Arab Saudi. Tradisi mudik Lebaran pun turut dirayakan umat Muslim di Arab Saudi. Di negara ini, perayaan mudik terbilang sangat meriah karena memang mayoritas penduduknya adalah Islam. Biasanya, di masing-masing daerah menyelenggarakan festival yang menampilkan kesenian, pertunjukan musik, pagelaran teater, dan lainnya. Tidak lupa, sanak saudara yang menetap di salah satu daerah pun akan menghias rumahnya seindah mungkin untuk menyambut Lebaran dan anggota keluarga yang merantau.
  3. Tiongkok. Meskipun umat Muslim di Tiongkok tidak sebanyak di Indonesia, akan tetapi masyarakat yang memeluk agama Islam di sana tetap merayakan momen Lebaran dengan sangat meriah. Melansir dari IDNTimes, kota yang banyak memeluk agama Islam adalah Yunnan dan Xinjiang. Jika ada warga dari dua kota ini yang merantau ke kota lain yang masih berada di wilayah Tiongkok, mereka pun akan pulang kampung dan merayakan Lebaran bersama keluarga.
  4. Turki. Negara Turki juga memeriahkan mudik Lebaran dengan berkumpul bersama dengan sanak keluarga di kampung. Menariknya, istilah Lebaran di negara ini lebih dikenal dengan istilah Bayram. Pada saat berjumpa dengan umat Muslim, biasanya mereka akan langsung mengucapkan Bayraminiz Mubarek Olsun, Mutlu Bayramiar, Bayraminiz Kutlu Olsun yang artinya Selamat Merayakan Hari Bayram atau Idulfitri.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mengetahui keunikan yang dimiliki oleh beberapa negara yang sudah dituliskan di atas? –SH–