Home Mobil

Mudik dengan Mobil Pribadi, Perhatikan Dulu Ini!

Berencana mudik Lebaran dengan mobil? Ketahui dulu tips berikut ini!

163
0
SHARE

Selain menggunakan pesawat terbang maupun kapal laut, saat mudik Lebaran tidak sedikit pula pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, salah satunya mobil. Yap, mudik dengan mobil memang menyenangkan sekaligus bisa santai tanpa takut ketinggalan moda transportasi yang ditumpangi. Namun demikian, ketika menggunakan mobil pribadi ini, sebaiknya berhati-hatilah dan tidak asal mendahului kendaraan lain seperti truk logistik, misalnya. Lantaran, kondisi ini bisa memicu terjadinya kecelakaan.

mudik dengan mobil
source : kumparan

Di samping itu, jika Anda memutuskan mudik dengan mobil pribadi, maka sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini, check it out: (source: cermati.com)

  1. Cek kondisi mobil sebelum mudik. Sebelum melakukan perjalanan mudik baik dalam maupun luar kota, maka Anda sangat disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan. Ini dilakukan untuk menghindari supaya mobil tidak rusak di perjalanan. Bisa berabe kalau mobil sampai rusak di jalan dan tidak ada bengkel perbaikan, ini tentu akan merugikan Anda, bukan? Untuk itu, sebelum mudik, pastikan untuk mengecek kondisi mobil Anda.
  2. Bawa makanan dan minuman. Saat mudik, jangan lupa membawa makanan dan minuman yang cukup karena nantinya Anda dan keluarga akan melewati macet panjang. Jika tidak ada makanan ataupun minuman yang bisa dimakan dan Anda pun sedang berada di jalanan yang sepi, tentu ini bisa menyulitkan Anda. Tidak harus makanan berat, Anda bisa membawa camilan maupun makanan yang bisa membuat kenyang seperti oatmeal, misalnya.
  3. Tidak mengangkut melebihi kapasitas mobil. Pastikan, untuk tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas mobil Anda. Mengapa? Ini bisa membahayakan keselamatan Anda sebagai pengendara sekaligus keluarga yang dibawa. Anda tidak mau kan perjalanan terganggu hanya karena kelebihan beban? Karena itu, angkutlah penumpang sesuai dengan kapasitas mobil Anda jangan sampai melebihi.
  4. Tidak lupa bawa uang. Jangan sampai lupa membawa uang secukupnya ketika melakukan perjalanan mudik. Memang, nantinya uang ini tidak terlalu digunakan karena Anda sudah membawa makanan maupun minuman dari rumah, akan tetapi jika ada hal yang urgent dan membutuhkan uang tunai Anda tentu tidak mungkin bisa menemukan ATM dengan cepat. Sebab itu, bawalah uang secukupnya!

Bagaimana? Sudah siap mudik tahun ini? –SH–