Home Motor

Tangki Bensin Motor Tak Boleh Dibiarkan Kosong, Kenapa Ya?

Alasan mengapa Anda tidak boleh mengosongkan tangki bensin pada motor.

58
0
SHARE

Merawat motor kesayangan sudah pasti jadi kewajiban pemilik setiap pemilik motor. Mulai dari merawat rantai motor dengan cara tepat, hingga mengecek apakah mesin dalam keadaan yang prima. Salah satu cara menjaga mesin motor dalam keadaan prima adalah dengan apakah tangki motormu terisi dengan bensi atau tidak, terutama ketika lama tidak digunakan. Kamu tentunya tahu, tanpa adanya bahan bakar ini, maka sekalipun sepeda motormu sudah dilengkapi dengan oli motor matic terbaik yang sudah sangat jelas kualitasnya. Namun, jika tidak diisi dengan bahan bakar minyak, tentunya sepeda motormu pun tidak akan bisa dikendarai.

oli motor matic
source : Google

Meskipun kamu sudah mengetahui betul kebenaran ini, tapi sayangnya sebagai seorang pengguna tetap saja kamu masih lalai pada kebutuhan utama yang sangat dibutuhkan oleh sepeda motormu ini. Entah itu, disebabkan oleh kamu memang tidak memiliki uang di dompet atau karena kamu lupa untuk mengisi bahan bakar sepeda motormu.

Padahal, hal yang seperti ini sebenarnya tidak boleh loh kamu lakukan pada sepeda motor. Kenapa, ya? Alasannya bisa langsung kamu simak di bawah ini. Yuks, mari menyimak!

  1. Membuat tangki motor menjadi karatan. Sering melalaikan untuk tidak mengisi bahan bakar sepeda motor, ternyata dapat membuat tangki bagian dalam sepeda motormu menjadi karatan. Mengapa? Sebab, pada dasarnya tangki sepeda motor terbuat dari bahan berupa besi, yang memang sangat mudah untuk mengalami karatan. Terlebih, jika motor terkena panas dari sinar matahari, maka bahan bakar pun akan langsung menguap di dalam tangki sepeda motor dan lama-kelamaan malah bisa mengakibatkan tangki mengalami kebocoran parah. Untuk itu, sebaiknya janganlah pernah untuk mengabaikan pengisian bahan bakar ini.
  2. Merusak fuel pump pada komponen sepeda motor. Apabila kamu membiarkan tangki bahan bakar sepeda motormu kosong, nyatanya bisa pula menyebabkan rusaknya bagian fuel pump pada komponen motor. Fuel pump sendiri berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke seluruh bagian komponen mesin di motor. Jika komponen ini rusak, maka tidak menutup kemungkinan dapat membuat sepeda motor mati total lantaran komponen lainnya tidak dialiri bahan bakar.
  3. Merusak karburator motor. Rusaknya bagian fuel pump pada komponen motor, bahkan bisa menyebabkan rusaknya tabung karburator di bagian komponen sepeda motor. Ini tentu tidak boleh terjadi, sebab karburator memiliki fungsi sebagai komponen untuk pengapian bahan bakar yang nantinya diubah menjadi tenaga untuk menggerakkan mesin pada motor. Bilamana komponen ini rusak, tentunya motor pun tidak akan bisa digerakkan.
  4. Mengakibatkan lebih boros bahan bakar. Mungkin, kamu tidak menyangka, bila kosongnya tangki bahan bakar bisa mengakibatkan lebih boros dalam penggunaan bahan bakar minyak. Lantaran, sepeda motor membutuhkan tenaga ekstra untuk mengaliri bahan bakar di keseluruhan bagian dalam komponen motor.

Itu bahaya yang akan didapat bila kamu lalai dalam pengisian bahan bakar pada sepeda motor. –SH–

LEAVE A REPLY