Home Mobil

Supaya Tidak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Klakson Mobil!

Yuk, rawat klakson mobil Anda di rumah agar tidak cepat rusak!

226
0
SHARE

Merawat mesin mobil dengan menggunakan oli mobil terbaik sangatlah penting. Namun, bukan berarti Anda harus abai dalam perawatannya, terutama pada  bagian klakson mobil. Klakson mobil sendiri merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil yang digunakan sebagai alat komunikasi antar pengendara dan dijadikan sebagai penanda akan mendahului pengendara yang berada di bagian depan. Begitu pentingnya komponen satu ini, maka Anda tentu sangat tidak dianjurkan abai dalam perawatannya. Jika mengabaikannya, maka akan membuatnya cepat rusak.

tips merawat klakson mobil
source : kumparan

Oleh sebab itu, agar klakson mobil Anda tidak cepat rusak, maka rawatlah komponen tersebut dengan melakukan beberapa hal penting berikut ini, di antaranya: (source: showroommobil)

  1. Tekan pelan klakson mobil. Untuk memperpanjang umur klakson mobil Anda, maka ketika memakainya tekanlah klakson secara pelan. Wajib, kah? Yap, ini sangat wajib untuk dilakukan, sebab terlalu kencang menggunakan komponen satu ini dapat mempercepat kerusakannya. Tidak cuma itu, apabila Anda menekan klakson terlalu lama dan tergesa-gesa, dapat pula mengakibatkan klakson cepat panas sehingga akan semakin mempersingkat umur klakson. Oleh sebab itu, jangan pernah salah dalam penggunaan komponen satu ini, ya!
  2. Gunakan klakson ketika diperlukan saja. Melansir dari salah satu blog menyatakan jika terlalu sering menggunakan klakson di tempat umum maka dapat mengurangi performa dari klakson tersebut. Di samping itu, penggunaan komponen satu ini juga dapat mengganggu pengendara lainnya, sehingga Anda tidak disarankan untuk menggunakannya setiap saat akan tetapi ketika diperlukan saja. Misalkan seperti; mendahului pengendara di depan, menjumpai pengendara yang dapat membahayakan pengendara lainnya.
  3. Jangan asal membeli klakson. Seperti yang kita ketahui, penggunaan klakson mobil memang sangat penting untuk pengendara. Untuk itulah, supaya umur klakson mobil ini tidak terlalu singkat, maka jangan asal ketika membelinya. Jangan harga tergiur dengan harga yang murah maupun bentuknya yang lucu sehingga membuat Anda asal dalam memilih klakson. Jika asal, maka besar kemungkinan umur klakson pun tidak akan bertahan lama.
  4. Perhatikan penempatan klakson. Saat pemasangan, maka janganlah ditaruh di tempat yang asal. Layaknya, rangkaian listrik, klakson mobil ini tidak boleh terkena cipratan air minum yang Anda minum. Apabila terkena, maka dapat membuatnya rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Itulah cara mudah merawat klakson mobil. Semoga bermanfaat! –SH–