Home Kesehatan

Sering Begadang Saat Hamil? Bahaya Ini Mengintai Anda!

Saat hamil, baiknya Ibu tidak bergadang. Mengapa? Langsung kita simak pembahasannya disini!

53
0
SHARE

Selama hamil, mungkin suatu waktu Anda pernah mengalami yang namanya sulit tidur sehingga membuat tubuh terpaksa harus begadang hingga pagi menjelang. Padahal, kondisi ini tidak baik loh untuk wanita hamil, sebab bisa memengaruhi perubahan hormon pada tubuh. Di samping itu, begadang pun dapat mengakibatkan munculnya perasaan stress sekaligus menimbulkan keluhan mual maupun muntah ketika hamil. Sekalipun Anda sudah mengetahui cara mengatasi mual saat hamil, tapi tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup dan malah terpaksa begadang maka keluhan ini pun tentu tidak bisa teratasi.

cara mengatasi mual saat hamil
source : google

Tidak cukup sampai disitu, apabila Anda tidak mampu menyiasati semua keluhan yang muncul saat hamil ini, maka kemungkinan besar bahaya ini bisa menyerang tubuh Anda seperti yang dirangkum melalui klikdokter.com.

  1. Muncul komplikasi pada janin. Penelitian dari University of Pittsburgh Medical Center menjelaskan jika, keseringan begadang memiliki pengaruh yang tidak baik untuk tubuh baik Anda maupun janin di kandungan. Dimana, kekurangan kualitas dan kuantitas waktu tidur dapat menyebabkan sel dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik sehingga memengaruhi janin yang mana berisiko meningkatkan bayi lahir dengan berat rendah sekaligus rentan lahir prematur.
  2. Menderita Pre-eklampsia. Menurut penelitian dari Center for Perinatal Studies, ibu hamil yang kekurangan tidur di trimester pertama kehamilan berisiko menderita pre-eklampsia. Pre-eklampsia sendiri merupakan gangguan kesehatan yang muncul selama hamil, yang ditandai dengan gejala tekanan darah mengalami peningkatan sehingga tidak baik untuk kondisi tubuh ibu hamil maupun janin. Selain itu, munculnya penyakit ini dapat membuat tubuh kejang.
  3. Menurunnya daya tahan tubuh. Pada saat hamil, baiknya di malam hari cukupi waktu istirahat Anda dan sebisa mungkin jauhi waktu begadang. Sebab, kekurangan waktu istirahat akibat dari begadang maka dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Apabila keadaan ini terjadi, tentunya tubuh Anda pun lebih rentan terhadap penyakit yang bisa membahayakan kesehatan baik diri sendiri maupun janin di dalam kandungan.

Selain masalah di atas, Anda juga pasti tahu bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Padahal sudah ada beberapa masalah kulit yang sering dialami ibu hamil, dengan kebiasaan begadang akan semakin memperparah masalah pada kulit. Untuk itu, agar bahaya di atas tidak mengintai Anda ketika hamil, baiknya tidurlah selama 7 hingga 9 jam perhari. Sekaligus cukupi asupan nutrisi tubuh dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil! –SH–

LEAVE A REPLY