Home Liburan

Selain Wisata Alam, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Ini Saat di Afrika!

Ketika liburan di negara Afrika, jangan sampai lupa mencicipi beberapa kuliner bercitarasa lezat!

62
0
SHARE

Anda sudah keliling Eropa? Australia? Amerika? Bahkan Asia? Wah ,Anda wajib mencoba destinasi lain yang berbeda dengan paket tour ke Afrika.  Kawasan yang penuh dengan berbagai satwa liar, membuat Anda serasa menyatu dengan alam seisinya yang liar. Benua yang menjadi latar belakang film Black Panther ini, memiliki beragam budaya, suku, tradisi yang unik, destinasi alam yang mempesona, hingga kuliner yang unik dan menarik untuk Anda cicipi.

kuliner khas Afrika
source : IDNTimes

Benua Afrika menjadi salah satu destinasi terbaik yang wajib dikunjungi lho, tidak afdol apabila tidak mencicipi kulinernya. Walaupun kita tahu bahwa benua afrika memiliki berbagai negara yang kekurangan pendapatan dan gizi yang kurang terutama pada anak-anaknya, namun Afrika memiliki kekayaan di dalamanya, salah satunya kuliner. Inilah kuliner yang wajib Anda cicipi!

  1. Melktert

Melktert mempunyai tekstur yang lebih halus dan lebih ringan. Biasanya melktert disajikan dengan taburan kayu manis. Makanan khas Afrika Selatan ini lebih cocok disajikan sebagai makanan penutup.

  1. Mandazi

Mirip donat dari Indonesia, mandazi berasal dari Afrika Timur. Bahan dasarnya terdiri dari air, gula, tepung, ragi, dan susu. Beberapa pedagang kaki lima di sana banyak menjual mandazi dengan tambahan topping berbagai rasa.

  1. Fufu

Fufu adalah olahan makanan yang berbahan dasar ubi atau kentang. Makanan ini diolah dengan cara ditumbuk hingga menjadi lembut, kemudian dimakan bersama sup,pasta atau beberapa jenis lauk khas lainnya.

  1. Bobotie

Ini adalah hidangan nasional Afrika Selatan. Bobotie merupakan makanan manis dan pedas yang terdiri dari daging cincang kari, dipanggang dengan buah (Seperti kismis) dan topping berbasis krim. Asal-usul batang bobotie berasal dari sisa makanan yang dicampur dan dipanggang.

  1. Nasi Jollof

Nasi Jollof, makanan favorit Warga Nigeria ini biasanya dibuat dengan nasi, tomat, pasta tomat, daging, rempah-rempah, dan sayuran. Nasi jollof dibuat dan dipesan untuk perayaan meriah. Tapi karena sangat lezat, masyarakat sering mengonsumsinya sehari-hari. umumnya makanan ini disajikan dengan makanan favorit Nigeria lainnya seperti sup egusi (dibuat dari biji melon dan daun pahit), pisang goreng dan ubi tumbuk.

  1. Nasi daun singkong

Makanan pokok yang satu ini sangat disukai di Liberia, Sierra Leone, dan Guinea. Proses pembuatannya berawal dari daun singkong ditumbuk dan dimasak bersama daging, ikan, air (Atau santan), dan bahan lain, tergantung pada daerah serta resepnya.

  1. Kachumbari

Salad khas Afrika ini dibuat dari campuran tomat segar dan beberapa sayuran lain seperti kubis dan bawang bawangan. Hidangan ini populer di masakan Madagaskar, Afrika Timur dan kawasan Great Lakes Afrika.

  1. Tagine

Daging ini dimasak secara turun temurun sejak zaman dahulu. Hidangan yang berbahan dasar ayam atau ikan dari Afrika Utara ini dimasak di atas gerabah dan uniknya mereka namai sesuai dengan jenis gerabah yang dimasak lho!

  1. Ayam Piri Piri

Masakan tradisional khas Mozambik ini memiliki perpaduan rasa antara Portugis, oriental dan Arab. Makanan ini umumnya dikenal hanya sebagai ayam panggang piri piri oleh wisatawan, dan secara tradisional disajikan dengan matapa, sajian daun singkong yang dimasak dengan saus kacang. Piri piri adalah campuran bumbu kaya rempah yang dipadukan dengan parutan kelapa.

  1. Ulat mopane

Mopane adalah sejenis ngengat yang hanya bisa ditemukan di Afrika Selatan. Ulat mopane dianggap sebagai makanan unik yang nikmat. Ulat yang dikumpulkan di alam liar ini, dibuang cairan didalamnya, dan dijemur dibawah dinar matahari dengan proses pengasapan untuk menambah cita rasa. Ulat yang kering ini kemudian dimakan mentah sebagai snack atau direndam dulu dan kemudian dimasak dengan sayuran.

  1. Biltong

Biltong disebut mirip dengan dendeng yang berwarna gelap dengan tekstur dagingnya yang keras dan mempunyai rasa yang sedikit asin. Biasanya makanan khas Afrika Aelatan  ini disajikan dalam ukuran kecil snack dan sangat cocok untuk dinikmati sambil bersantai.

Jadi, sudah siapkah Anda melancong ke Afrika plus mencicipi makanan khasnya yang unik dan lezat itu?