Home Kesehatan

Sehat dengan Konsumsi Rempah-rempah!

Rempah-rempah ternyata memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja ya?

93
0
SHARE

Selama ini, mungkin Anda mengira jika rempah-rempah hanya bisa digunakan sebagai bumbu penyedap makanan. Memang, memasukkan sedikit rempah-rempah ini pada makanan, maka dapat membuat makanan tersebut terasa lebih gurih dan nikmat. Namun, tahukah Anda, ternyata rempah-rempah pun bisa pula dimanfaatkan untuk menyehatkan kesehatan tubuh? Ini terbukti dari sudah banyaknya produk kesehatan yang memanfaatkan rempah-rempah ini untuk minuman sehat, termasuk di dalamnya ekstrak kunyit yang dibuatkan dalam bentuk minuman.

Berikut adalah sejumlah rempah-rempah yang dianggap memberikan manfaat untuk kesehatan!

  1. Kunyit
ekstrak kunyit
source : google

Anda pastinya sudah tidak asing dengan kunyit? Yap, rempah-rempah yang dijadikan untuk membuat warna pada makanan ini, bisa loh difungsikan untuk mengobati luka, menyembuhkan pilek, mengatasi infeksi akibat dari bekas luka, dan sebagainya.

Ini bukan tanpa alasan, karena kunyit sendiri menyimpan kandungan kurkumin yang mampu mengobati sejumlah penyakit yang menyerang tubuh. Untuk itu, sangat bagus abila Anda konsumsi secara rutin!

  1. Kayu manis
ekstrak kunyit
source : google

Kalau kayu manis kayaknya hanya sedikit yang memasukkannya ke dalam masakan, namun biasanya jenis rempah satu ini bisa dirasakan dalam olahan kue maupun roti. Ditambahkannya kayu manis ini dalam kedua olahan tersebut, bisa membuat aroma makanan semakin wangi.

Meskipun demikian, jangan salah, kayu manis ini pun dapat pula digunakan sebagai sarana untuk membantu mengatasi pembengkakan, mengontol kadar gula darah, mengatasi penggumpalan darah, menurunkan kolesterol di tubuh, dan lainnya karena mengandung anti-inflamasi yang sangat tinggi.

  1. Bawang putih
ekstrak kunyit
source : lifestyle

Siapa sih yang tidak kenal dengan bawang putih? Nah, bawang putih pun tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan menjadi lebih gurih, tapi dapat digunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Dimana, bawang putih ini bisa menyembuhkan batuk, mengurangi kadar kolesterol, mencegah timbulnya gejala sakit kanker, mengurangi risiko komplikasi pada saat hamil, menyembuhkan penyakit wasir, meningkatkan stamina tubuh, mengatasi tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini karena bawang putih terkandung senyawa kalsium, lemak, besi, saltivine, protein, lemak, dan sebagainya.

Selain itu, rempah-rempah jenis lain yang bisa menyehatkan pun adalah seperti kapula dan kemangi. –SH–