Home Rumah

Rumah Bebas Debu, Begini Caranya

Hilangkan debu di rumah dengan cara mudah ini. Apa saja? Langsung simak pembahasannya!

183
0
SHARE
tips membuat rumah bebas debu
source : Okezone Lifestyle

Meskipun sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kantor, bukan berarti hunian properti Indonesia Anda bisa bebas dari debu, lho. Meski tidak ditinggali, debu tetap bisa menempel di mana saja. Nah, agar rumah Anda bisa bebas dari debu, coba yuk ikuti cara ini! Sebab kenyamanan tinggal di apartemen bukan hanya sebatas interaksi dengan tetangga saja, tetapi juga menjaga hunian untuk tetap bersih dari debu.

  1. Hindari membersihkan debu dengan menggunakan kemoceng. Kemoceng seringkali digunakan untuk menghilangkan debu yang menempel di permukaan meja, rak buku, lemari, dan furnitur lainnya. Memang, kemoceng ini dapat membersihkan debu yang melekat. Hanya saja, yang sebetulnya terjadi adalah debu tersebut beterbangan dan malah mengotori tempat lain. Oleh sebab itu, agar lebih efektif dan efisien, gunakanlah vacuum cleaner dan lap basah. Vacuum cleaner dapat menyedot semua debu yang menempel hingga bersih sementara lap basah bisa mengangkat kotoran dan debu di tempat-tempat yang sulit dijangkau.
  2. Jangan menyimpan barang di atas lemari. Rumah yang sempit memang memaksa Anda untuk lebih jeli dalam memanfaatkan ruang. Nah, atas lemari seringkali menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Kardus bekas, koper, dan lain sebagainya sering disusun sedemikian rupa di atas lemari agar tidak membuat sumpek ruangan. Hanya saja, tumpukan barang-barang ini justru akan menjadi tempat bersarang debu-debu. Sebagai saran, lebih baik jual atau berikan barang yang sudah tidak pernah Anda pakai lagi. Atau jika masih ingin menyimpannya, lebih baik beli lemari penyimpanan yang tertutup rapat.
  3. Tanam pohon dan rumput di halaman depan. Untuk Anda yang tinggal di jalan raya atau di daerah yang cenderung kering, menanam pohon dan rerumputan di halaman depan bisa membantu menahan debu agar tak masuk ke area rumah. Tidak hanya itu, rumah Anda pun menjadi lebih sejuk dan juga sedap dipandang, bukan?
  4. Hindari memukul-mukul kasur ketika membersihkannya. Saat merapikan tempat tidur, tak sedikit dari Anda yang memukul-mukulnya dengan sapu lidi agar debu bisa terangkat semua. Padahal, debu yang menempel di tempat tidur justru akan tersebar ke seluruh ruang kamar. Lebih baik gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu di tempat tidur dan pel lantai kamar segera setelah membersihkan tempat tidur.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat rumah menjadi bebas debu. Semoga membantu, ya!