Home Mobil

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas!

Berencana membeli mobil bekas? Jangan lupa perhatikan beberapa hal ini!

48
1
SHARE

Membeli mobil bekas memang dianggap lebih menguntungkan dibanding mobil baru karena calon pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Di samping itu, sekarang tersedia pula cicilan mobil bekas 1 jutaan murah, yang mana ini tentunya akan semakin menarik minat pembeli yang berniat membeli mobil bekas tersebut. Meski begitu, sebagai calon pembeli, Anda sebaiknya harus cermat dan teliti ketika membeli mobil bekas guna meminimalisir kerugian yang mungkin saja muncul setelah Anda membelinya.

tips membeli mobil bekas
source : okezone otomotif

Untuk itu, sebelum membeli mobil bekas, perhatikan dulu beberapa hal ini, misalnya: (source: liputan6.com)

  1. Perhatikan komponen mesin mobil lengkap dengan bagian-bagiannya. Seperti diketahui, mesin merupakan bagian paling penting yang tidak bisa dipisahkan dari mobil. Tanpa adanya mesin, tentu mobil tidak akan bisa dinyalakan maupun dikendarai dengan baik. Oleh karena itu, ketika membeli mobil bekas, pastikan Anda mengecek bagian mesin terlebih dahulu. Tanyakan kepada penjual apakah komponen-komponen pada mesin mobil masih berfungsi dengan baik. Atau, jika mau, Anda bisa memanggil mekanik yang akan membantu Anda mengecek kondisi dari mesin mobil tersebut. Meskipun pasti akan ada perbaikan mesin yang harus Anda lakukan setelah membeli mobil bekas, tetapi dengan melakukan pengecekan dapat mengurangi biaya perbaikan yang mungkin harus dibayarkan nanti.
  2. Periksa bagian kelistrikan mobil. Selain itu, Anda juga wajib memeriksa bagian kelistrikan mobil bekas tersebut. Melansir dari liputan6, bagian kelistrikan mobil bekas akan lebih berisiko mengalami masalah kelistrikan dibanding dengan mobil baru karena itu sangat disarankan untuk diperiksa. Munculnya permasalahan ini biasanya diakibatkan karena ada hewan yang masuk ke bagian tersebut atau dilakukan pemodifikasian yang dapat menyebabkan bagian kelistrikan rusak. Oleh karena itu, periksalah komponen ini dengan sangat teliti.
  3. Perhatikan kelengkapan surat-surat. Pastikan Anda memerhatikan kelengkapan surat-surat dari mobil bekas tersebut. Beberapa di antaranya STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), dan lain sebagainya. Semakin lengkap surat yang dimiliki mobil, tentu akan semakin bisa dipercaya mobil tersebut. Di samping itu, Anda juga harus memeriksa keabsahan surat tersebut melalui situs online pengecekan surat-surat kendaraan dan cek apakah surat tersebut terdaftar atau tidak.
  4. Waspadai mobil yang bekas tabrakan maupun terendam banjir. Berhati-hatilah ketika membeli mobil bekas, terlebih harganya sangat murah bahkan di bawah harga pasaran. Bisa saja, mobil tersebut sebenarnya sudah terendam banjir ataupun bekas tabrakan sehingga harga jualnya lebih murah dibanding mobil bekas pada umumnya. Ada baiknya cek terlebih dahulu semua bagian-bagian pada mobil, khususnya komponen mesin dan lihatlah apakah ada bekas ataupun kerusakan pada bagian-bagian tersebut.

So, untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas perhatikan dulu beberapa hal di atas. Semoga info yang diberikan bermanfaat!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY