Home Mobil

3 Langkah Merawat Kendaraan Sendiri

Yuk, rawat kendaraanmu agar tetap prima dan tidak cepat mengalami kerusakan!

137
0
SHARE

Sudah punya asuransi mobil terbaik di Indonesia, apa berarti bisa melepas penuh tanggung jawab atas kendaraan pribadi? Jawabannya tentu saja tidak. Asuransi mobil terbaik kamu memang akan melindungi asetmu dari beragam risiko—mulai dari yang kecil sampai besar.

tips merawat kendaraan
source : seva.id

Akan tetapi, untuk urusan perawatan, kendali tetap ada di tanganmu, ya. Mengurus sendiri perawatan kecil mobilmu juga akan buatmu lebih hemat pengeluaran. Makanya, yuk simak 3 langkah mudah untuk merawat kendaraanmu sendiri berikut!

  1. Bersih-bersih. Mencuci mobil sendiri mungkin bukan hal yang gampang dilakukan. Selain membutuhkan space yang luas, stok air yang banyak, serta peralatan yang canggih untuk mengangkat debu, mencuci mobil sendiri adalah pekerjaan yang melelahkan. Tapi, kamu bisa mengurangi intensitas mencuci mobil ke tempat pencucian dengan aktivitas sederhana berupa bersih-bersih. Yap, mengelap debu-debu kecil yang singgah di bagian luar mobil dengan kain bisa mempertahankan kebersihan kendaraanmu lebih lama. Tindakan ini juga bisa mencegah debu atau kotoran menempel lebih lama, yang nantinya mungkin mengeras. Bersihkan mobil selepas kamu menggunakannya, ya.
  2. Ganti-ganti. Paham soal kendaraan sendiri itu hal baik, lho. Selain berguna ketika situasi darurat terjadi, kamu juga bisa memiliki kendali penuh atas mobilmu. Nah, salah satu poin pemahaman akan kendaraan sendiri adalah tahu posisi dan kegunaan komponen-komponen mobil, serta cara menggantinya. Beberapa bagian mobil yang bisa dengan mudah kamu ganti sendiri adalah penyaring udara, karet pembersih kaca, busi, oli dan penyaringnya, penyaring bahan bakar, serta air radiator. Mengutip situs Money Crashers, masing-masing penggantian komponen mobil ini hanya butuh waktu kurang dari setengah jam, lho! Mudah, bukan?
  3. Cek-cek. Langkah terakhir untuk merawat kendaraan sendiri adalah pengecekan. Selesai bersih-bersih, periksa apakah ada komponen yang belum tersentuh atau tidak. Begitu juga usai ganti-ganti komponen. Cek apakah setiap penggantian sudah kamu selesaikan dengan betul atau belum. Tahap ini tentu saja berguna untuk memeriksa kelayakan dan keselamatan kendaraanmu ketika digunakan kelak.

Bagaimana? Mudah, bukan, merawat kendaraan sendiri? Silakan mulai menerapkannya, ya! Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu!