Home Mobil

Mobil Mogok Secara Tiba-tiba, Apa Penyebabnya?

Mobil mogok secara mendadak, apa ya penyebabnya? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

53
0
SHARE

Sebagai seorang pengemudi, pastinya Anda pernah mengalami mobil mogok, kan? Entah itu, terjadi di jalan raya, jalan tol, maupun jalanan sepi. Memang, saat kondisi ini menimpa seorang pengendara, bisa menimbulkan kepanikan terlebih jika mogok tersebut terjadi di jalanan yang jarang dilalui oleh kendaraan. Meskipun sudah membuat asuransi mobil yang akan menanggung semua kerusakan yang terdapat pada mobil, tapi untuk mengatasi mobil mogok tentu pihak asuransi tidak bisa langsung menanggulanginya karena harus melalui proses klaim.

penyebab mobil mogok
confused

Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan mobil mogok ketika dikemudikan, padahal Anda selalu memerhatikan kondisi mobil tersebut? Yuks, cari tahu jawabannya disini, check it out:

  1. Karburator bermasalah. Karburator merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil, karena memiliki fungsi untuk mengalirkan bahan bakar menuju mesin kendaraan. Apabila bahan bakar yang mengalir terlalu sedikit, biasanya dapat menyebabkan pembakaran berlangsung tidak sempurna sehingga mengakibatkan mobil sulit untuk menyala. Untuk itu, cobalah untuk selalu memerhatikan komponen ini, agar tidak terjadi kejadian mobil mogok di tengah jalan.
  2. Switcher Starter aus. Switcher Starter adalah bagian dari mobil yang digunakan saat mobil hendak dinyalakan ataupun dimatikan. Memang, komponen ini tidak memiliki pengaruh yang serius untuk mobil, akan tetapi jika bagian dalam komponennnya sudah aus sehingga mengakibatkan mobil tidak bisa menyala. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mengecek bagian ini, ya!
  3. Arus kelistrikan pada bagian komponen mesin mengalami masalah. Seperti yang sangat jelas kita ketahui, bagian kelistrikan pada komponen mesin sangat bermanfaat untuk mobil. Jika komponen ini mengalami masalah, maka bisa mengakibatkan mobil mogok. Terutama pada saat musim hujan mobil mesin lebih sensitif terhadap risiko kerusakan akibat rembesan air hujan. Oleh sebab itu, lebih perhatikan perawatan mobil Anda ketika musim hujan.
  4. Bahan bakar kendaraan kosong. Bukan suatu yang tidak mungkin, jika mobil mogok akibat dari bahan bakar yang terdapat pada mobil sudah habis namun belum diisi. Jangan biarkan kondisi terjadi, karena selain dapat membuat mobil mati secara tiba-tiba akan tetapi bisa pula mengganggu kinerja komponen pembakaran yang ada di dalam mobil bahkan bisa merusaknya.

Itulah penyebab mengapa mobil Anda bisa mati secara mendadak! Semoga bermanfaat! –SH–