Home Tips & Trick

Melindungi Keluarga Saat Musim Hujan Tiba

Musim hujan tiba? Lindungi keluarga dengan melakukan beberapa hal ini. Simak, yuk!

39
0
SHARE
musim hujan
source : Nakita

Penghujung tahun sudah dekat. Tandanya, musim hujan sesaat lagi akan tiba. Mempersiapkan anggota keluarga untuk senantiasa sehat dan terhindar dari beragam penyakit menjadi satu tanggung jawab tambahan Anda selaku orang tua ataupun pasangan. Di skala besar, Anda mungkin dapat melindungi kesehatan keluarga Anda dengan proteksi asuransi kesehatan keluarga. Namun, dalam skala kecil, hal-hal apa sajakah yang perlu Anda lakukan untuk melindungi anggota keluarga saat musim hujan tiba?

Menjaga stamina tubuh dengan panganan sehat

Musim hujan, bagi kebanyakan orang, adalah waktu yang tepat sekali untuk berdiam diri di rumah. Selain kerepotan yang timbul ketika harus berada di luar rumah, suasana yang sejuk sangat mendukung sekali untuk tetap tinggal di rumah. Meski demikian, penyakit yang mungkin timbul saat musim ini tidak hanya dapat menyerang siapa pun yang berada di luar rumah. Virus serta bakteri bisa juga menyerang orang—terutama anak—yang senang berada di dalam rumah saat musim hujan. Oleh karena itu, mintalah anak Anda agar tetap rajin mengonsumsi air mineral untuk mempertahankan stamina tubuhnya. Beri pula makanan-makanan sehat untuk membunuh bakteri yang mungkin masuk ke tubuhnya. Jangan lupa juga untuk meminta anak mencuci tangan setelah beraktivitas dan sebelum makan.

Jadwalkan waktu pembuangan sampah

Bila Anda tinggal di kompleks atau apartemen, waktu pembuangan sampah pasti sudah memiliki jadwal sendiri. Anda hanya perlu lebih sering mengosongkan tempat-tempat sampah yang berada di dalam rumah untuk mengurangi tempat perkembangbiakkan virus dan bakteri di dalam rumah. Pasalnya, perkara pengangkutan sampah bukan lagi menjadi urusan Anda.

Namun bagaimana bila Anda tidak tinggal di lokasi seperti di atas dan harus membuang sampah ke tempat pembuangan secara mandiri? Buatlah jadwal pembuangan sampah. Upayakan untuk membersihkan sampah pada tong sampah di dalam rumah setiap hari dan Anda bisa membuang sampah ke tempat pembuangan tiap dua hari sekali untuk menghindari penumpukan bakteri di bak sampah depan rumah.

Periksa saluran air secara berkala

Musim hujan tentu membawa aliran air yang tidak sedikit. Bila sudah begini, genangan air adalah suatu hal yang tak dapat dielakkan. Lakukan pemeriksaan saluran air di rumah Anda secara berkala. Jangan sampai terjadi penggenangan yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Sebab, hewan ini dapat menambah sumber penyakit yang bisa menyerang Anda dan keluarga di musim hujan.

Nah, itulah dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada rumah Anda saat musim hujan tiba. Semoga keluarga Anda selalu sehat, ya!

LEAVE A REPLY