Home Liburan

Megahnya Masjid Al Akbar Surabaya

Yuk, datangi Masjid Al Akbar di kota Surabaya!

272
0
SHARE
Masjid Al Akbar Surabaya
source : google

Masjid adalah tempat beribadahnya umat muslim. Meskipun begitu, saat ini sudah cukup banyak masjid yang dijadikan area wisata. Bahkan, banyak umat Muslim yang memilih  untuk  sholat di masjid yang ingin mereka kunjungi, meskipun hotel bintang 4 di Surabaya yang mereka jadikan sebagai tempat menginap telah menyediakan sarana beribadah yang cukup nyaman. Biasanya, mereka akan mengatur waktu keberangkatannya agar sampai di masjid tersebut tepat atau setidaknya beberapa saat sebelum waktu solat tiba.

Di antara sekian banyaknya masjid yang ada di Surabaya, Majid Al Akbar merupakan salah satu masjid yang menjadi tempat favorit para wisatawan. Bahkan, akan sayang sekali jika ada wisatawan khususnya muslim yang berlibur ke Surabaya, tetapi melewatkan untuk berkunjung ke maasjid ini. Sebab, Maasjid Al Akbar merupakan masjid terbesar di Indonesia. Berdasarkan situs resminya, masjid megah ini berdiri di atas lahan seluas 11,2 hektar dan mampu menampung hingga sekitar 30.000 jamaah.

Masjid ini mulai dibangun pada 4 Agustus 1995 dan diresmikan pada 20 November 2000 oleh KH Abdurahman Wahid yang saat itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Masjid Al Akbar memiliki 45 buah pintu, yang masing-masingnya terdiri dari 2 buah daun pintu. Semuanya terbuat dari kayu jati dan dilengkapi dengan ukiran-ukiran. Untuk dindingnya sendiri, hampir seluruh dinding masjid dipenuhi oleh ornamen ukir dan kaligrafi, yang semakin menambah kemegahan masjid ini. Tidak hanya itu, bedug yang ada di masjid ini juga berbeda karena memiliki ukiran khusus yang berbeda dengan bedug di tempat lainnya.

Masjid Al Akbar juga memiliki bagian yang khas, yaitu 1 buah kubah berukuran besar pada bagian tengah dan dikelilingi oleh 4 buah kubah yang lebih kecil. Kubah yang berjumlah 5 ini memang sengaj dibuat karena disesuaikan dengan rukun Islam yang berjumlah 5. Selain itu, menara yang ada di masjid ini memiliki tinggi 99 meter yang melambangkan 99 nama dari Allah SWT atau yang dikenal dengan Asmaul Husna.

Anda yang berkunjung ke masjid ini, dijamin akan merasakan kemewahan serta kemegahannya tidak hanya saat beraada di luar area masjid saja, tetapi juga saat memasuki area dalam masjid. Namun, jangan lupa untuk menghormati tempat ini sebagai area beribadah dengan tidak membuat keributan dan menggunakan pakaian yang sopan.