Home Kesehatan

Manfaat Buah Nanas untuk Ibu Hamil

Ternyata, buah nanas sangat bermanfaat untuk ibu hamil, loh. Apa saja? Yuk, langsung disimak!

355
0
SHARE

Mengonsumsi buah nanas saat hamil dianggap sangat berbahaya untuk kesehatan janin karena buah ini dipercaya dapat menggugurkan kehamilan, khususnya hamil muda. Padahal, faktanya sendiri menyatakan jika buah nanas ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Di samping itu, kandungan lain yang tersimpan di dalam buah nanas pun dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Cocok banget nih dijadikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda.

manfaat buah nanas untuk ibu hamil
source : healindonesia

Inilah beberapa manfaat buah nanas bagi ibu hamil, check this out:

  1. Atasi morning sickness. Morning sickness memang menjadi masalah serius yang dihadapi oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Nah, kondisi ini bisa diatasi dengan buah nanas, loh. Buah nanas sendiri mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk mencegah kemunculan morning sickness. Bahkan mengkonsumsi nanas bisa membantu mengantisipasi mabuk perjalanan pada ibu hamil. Namun, mengonsumsi buah nanas ini tentu dalam batas wajar, jangan terlalu banyak.
  2. Tulang menjadi lebih sehat. Tingginya kandungan mangan yang tersimpan di dalam buah nanas ini, dapat membantu menjaga kesehatan tulang, baik itu ibu hamil maupun janin yang berada di dalam rahimnya. Untuk itulah, Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi buah satu ini.
  3. Syaraf dan jantung semakin sehat. Buah nanas pun dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf karena menyimpan kandungan vitamin B1. Vitamin B1 sendiri dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak, mencegah katarak, menyehatkan mata, dan penyakit lainnya.
  4. Penuaan dini dapat dicegah dengan baik. Siapa yang bisa menduga, ternyata mengonsumsi buah nanas juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Lantaran, buah satu ini kaya akan kandungan bromealin, sehingga bisa membantu mengatasi penuaan dini. Di samping itu, kandungan ini juga dapat menangani masalah serius yang muncul pada otot maupun pencernaan.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa diporoleh melalui buah nanas. Namun, perlu diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi buah nanas ini selama hamil. Takutnya, nanti malah dapat membahayakan janin dalam rahim. Dan ingat, jangan pernah makan nanas mentah ketika hamil karena nanas mentah ini menjadi salah satu faktor pemicu yang dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Semoga memberikan banyak  bermanfaat ya, Bu! –SH–