Home Makanan

Makanan Sehat Ini Baik Dikonsumsi oleh Penderita Kolesterol

Ini, makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol

107
0
SHARE

Kolesterol memang menjadi salah satu penyakit paling berbahaya yang kini mulai menjangkiti masyarakat Indonesia. Tumbuh suburnya kolesterol ini di tubuh, tidak terlepas dari kebiasaan buruk masyarakat yang selalu mengonsumsi makanan kurang sehat dan mengandung lemak trans sehingga membuat kadar kolesterol dalam tubuh pun semakin meningkat. Maka dari itu, untuk mencegah agar kolesterol ini tidak mengalami peningkatan, alangkah baiknya ikuti tips cara menurunkan kolesterol tinggi di tubuh dengan rutin mengonsumsi makanan sehat.

Berikut ini kami ulas secara singkat beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Langsung disimak, yuks!

  • Sayuran hijau
cara menurunkan kolesterol tinggi
tribunstyle.com

Semua jenis sayuran berwarna hijau memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Sebab, dalam sayuran hijau ini tersimpan asupan serat cukup tinggi, sehingga memberikan efek lebih cepat kenyang yang mana mencegah kita untuk tidak makan secara berlebihan. Dan jenis sayuran yang mengandung serat tinggi ini adalah sayur sawi, selada, bayam, dan sebagainya.

  • Kacang-kacangan
cara menurunkan kolesterol tinggi
source : Google

Makanan sehat yang bisa menghindari agar kolesterol tubuh tidak kian meningkat adalah dengan cara rutin mengonsumsi kacang-kacangan. Selain menyehatkan, kacang-kacangan ini pun memiliki kandungan protein yang mampu menstabilkan gula darah di dalam tubuh sekaligus memberikan rasa kenyang. Meskipun begitu, baiknya jangan terlalu berlebihan mengonsumsi kacang-kacangan ini, karena takutnya nanti malah membuat kolesterol menjadi naik.

  • Beras merah dan gandum
cara menurunkan kolesterol tinggi
source : Google

Sebagai sumber karbohidrat, beras merah sekaligus gandum dipercaya mampu menjaga kestabilan gula darah dibandingkan dengan nasi putih. Hal ini karena di dalam kedua makanan sehat ini tersimpan berbagai kandungan nutrisi berupa serat, vitamin, sekaligus mineral yang lebih menyehatkan tubuh. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bukan jika kedua makanan ini dipercaya mampu mencegah munculnya penyakit diabetes, jantung, dan kanker di tubuh.

  • Ikan laut
cara menurunkan kolesterol tinggi
source : Google

Ikan laut pun berperan penting untuk menjaga supaya gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Lantaran, ikan laut seperti salmon, tuna, maupun sarden memiliki kandungan Omega 3 yang dianggap bisa melancarkan aliran darah dan tidak mempunyai efek yang bisa membekukan darah. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Nah, siap menurunkan kolesterol dengan makanan di atas tadi? Semoga bermanfaat, ya! –SH–