Home Mobil

Kendaraan Anda Terkena Debu Vulkanik, Coba Lakukan Ini!

Kendaraan Anda terkena debu vulkanik? Yuk, hilangkan dengan beberapa tips berikut ini!

241
0
SHARE

Debu vulkanik atau dikenal dengan debu kelud merupakan salah satu jenis debu yang berasal dari debu pegunungan berapi. Jika dilihat sekilas, debu ini memang terlihat mirip dengan debu pada umumnya, namun sebenarnya debu satu ini disertai dengan kerikil kecil yang mana bila mengenai bagian eksterior mobil maupun truk logistik maka dapat membuatnya lecet. Bahkan, tidak hanya lecet, bagian eksterior mobil tersebut juga akan tergores seperti sengaja dibaret dengan benda tajam.

kendaraan terkena debu vulkanik
source : toyota astra motor

Untuk itu, jika kendaraan Anda terkena debu vulkanik tersebut, maka sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini, check it out: (source: showroommobil)

  1. Siram mobil dengan air. Melansir dari showroommobil, cara pertama yang bisa dilakukan adalah menyiram mobil menggunakan air bersih. Dipercaya, menyirami mobil dengan air tersebut dapat membantu menghilangkan debu yang menempel. Namun, patut diingat, jangan menyiram air terlalu kencang pada mobil, bukannya debu hilang malah mobil Anda lecet akibat terjadi gesekan keras antara air dan debu.
  2. Cuci mobil dengan shampoo. Setelah menyirami mobil dan dirasa debu sudah menghilang dari mobil Anda, langkah selanjutnya yang wajib dicoba adalah mencuci mobil dengan shampoo, khususnya shampoo dengan PH netral. Haruskah? Yap, shampoo ini mengandung asam sulfat cukup tinggi sehingga dapat membantu melawan sekaligus menghilangkan debu yang dihasilkan oleh debu vulkanik gunung berapi.
  3. Bersihkan bagian komponen mobil. Pastikan, untuk membersihkan semua komponen yang terdapat pada mobil, baik terlihat maupun tidak. Misalkan, radiator, condesor AC, steam mobil, rem mobil, filter udara, karet wiper, vacuum cleaner, penutup mobil, dan sebagainya. Dengan membersihkan semua komponen ini, tentu bagian komponen mobil Anda pun tidak akan terkena lecet maupun tergores.
  4. Cek ulang semua komponen di mobil Anda. Setelah menyiram, mencuci, dan membersihkan mobil, jangan sampai lupa cek ulang semua komponen yang terdapat di mobil Anda. Jika ada bagian yang masih kotor, maka bersihkanlah bagian tersebut menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Itulah cara mudah yang bisa dicoba apabila mobil Anda terkena debu vulkanik. Semoga bermanfaat! –SH–