Home Mobil

Inilah Beberapa Teknologi Canggih pada Otomotif (part II)

Inilah beberapa teknologi canggih yang bisa digunakan untuk kendaraan di masa mendatang!

242
0
SHARE
teknologi canggih
teknologi canggih

Bagi kalian pengendara kendaraan roda empat yang menggunakan oli mobil terbaik, pernah gak sih mendengar jika banyak perusahaan otomotif yang tersebar di berbagai negara dunia ini tengah mengembangkan teknologi canggih untuk otomotif atau kendaraan penggunanya? Jika pernah, maka tentunya kalian sangat senang sekali, lantaran adanya inovasi baru yang dibuat yang akan memberikan teknologi super canggih pada kendaraan. Dengan dimunculkannya teknologi canggih ini, tentunya akan membuat mobil kalian semakin keren dan tidak kalah saing dengan mobil mahal. Berikut ini beberapa teknologi canggih pada otomotif tersebut:

  1. Baterai Hibrida yang memiliki ukuran kecil. Sudah menjadi hal umum, jika baterai mobil hibrida yang digunakan saat ini berukuran sangat besar, sehingga membuat para pengguna merasa tidak nyaman. Melihat hal ini, membuat Nissan Leaf dan Chevy Volt mengembangkan inovasi baru untuk baterai mobil atau kendaraan. Dimana, mereka membuat baterai hibrida yang memiliki ukuran sangat kecil dan menggunakan bahan yang terbuat dari lithium superionic conductors bernama Planar Energy, GM, sekaligus Sakti3. Dengan adanya inovasi baru ini, tentunya para pengendara akan merasa nyaman ketika mengendarai kendaraan mereka.
  2. Mesin mobil yang memiliki performa tinggi. Belakangan ini, perusahaan Mercedes Benz dan BMW mulai memperkenalkan mesin mobil baru yang membuat mobil lebih hemat energi dan menghasilkan performa tinggi, begitupun dengan perusahaan Volvo. Sedangkan, untuk perusahaan GM dan Ford, tengah menguji coba mesin berkapasitas 1.000 cc dengan tiga silinder yang dipadukan dengan direct injection dan turbocharger, yang juga memberikan performa luar biasa pada mobil.
  3. Memanfaatkan energi panas. Sebuah penelitian yang sudah dilakukan oleh para peneliti menunjukkan, jika sepertiga dari energi panas mobil bisa dimanfaatkan untuk hal lain, sehingga tidak akan terbuang percuma begitu saja. Sejauh ini, terdapat penggunaan energi panas untuk turbin yang difungsikan menggerakkan komponen crankshaft dengan nama turbocharger sekaligus turbocomputing. Dan, pihak BMW pun menggunakan pemanasan dari semikonduktor dan menghasilkan listrik ketika akselerasi.
  4. Ban yang bisa mengisi angin secara otomatis. Perusahaan ternama Goodyear sedang mengembangkan salah satu produk yang bisa mengisi angin secara otomotis dengan nama AMT disingkat dengan Air Maintenance Technology. Biasanya, produk yang satu ini dipasangkan di dalam rongga yang terhubung dengan ban kecil dan ditempelkan di sekitar dinding ban utama. Selama roda dijalankan, akan memungkinkan angin masuk ke dalam rongga tersebut. Sehingga, membuat roda akan tetap padat dan sangat kokoh.

Nah, demikianlah beberapa teknologi canggih yang bisa digunakan untuk kendaraan di masa yang akan datang. –SH–