Home Liburan

Ini Fakta Unik yang Terdapat di Kepulauan Mentawai

Ini, fakta unik yang tersimpan di balik indahnya Kepulauan Mentawai

200
0
SHARE
kepulauan mentawai
kepulauan mentawai

Ketika mendengar kata Mentawai, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Hawai? Kepulauan dengan keindahan pasir putih yang sangat memukau? Yup, kepulauan Mentawai sendiri memang disebut-sebut sebagai Hawai-nya negara Indonesia. Bagaimana tidak, kepulauan Mentawai ini memiliki pemandangan alam yang sangat menawan lengkap dengan biru air laut nan begitu menawan. Tidak hanya itu saja, kepulauan yang satu ini juga mempunyai gelombang air laut yang sangat besar yang berasal dari Samudera Hindia, sehingga tidak mengherankan jika banyak peselancar dunia yang berdatangan menikmati indahnya suasana berselancar di pulau ini dengan mengambil beberapa paket dari ITX Indonesia.

Selain itu, di pulau yang sangat cantik ini ternyata tersimpan fakta unik, yang mungkin saja banyak diantara kamu semua yang menetap di negara Indonesia ini belum mengetahuinya. Fakta unik apa sajakah yang terdapat di kepulauan Mentawai ini? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kepulauan yang terdiri dari banyak pulau indah. Kepulauan yang masih bagian dari provinsi Sumatera Barat ini, memiliki banyak pulau indah yang mengelilingi pulau Mentawai. Mulai dari; Pulau Pagai Utara, Pulau Siberut, Pulau Sipora, dan Pulau Pagai Selatan. Di beberapa pulau ini, wisatawan domestik maupun mancanegara dapat melihat keindahan yang dimiliki oleh kepulauan Mentawai. Di pulau ini, wisatawan pun dapat menikmati tinggi gelombak air laut yang sangat mirip dengan Hawai yang berada di Amerika Serikat.
  2. Kepulauan Mentawai ditinggali oleh suku Mentawai. Di pedalaman kepulauan Mentawai ini ditinggali oleh suku asli Mentawai. Uniknya, suku asli Mentawai ini menyebut tanah yang ditinggalinya sebagai Bumi Sikerei. Dan, suku asli ini pun masih menjunjung tinggi kebudayaan yang dianutnya.
  3. Terdapat banyak titik untuk tempat berselancar. Dikarenakan memiliki ombak terbaik di dunia, sehingga setidaknya terdapat 400 spot berselancar di pulai ini. Menariknya, 23 spot sudah berskala internasional.
  4. Mendiang Paul Walker mempunyai rumah rahasia di Kepulauan Mentawai. Siapa sangka? Mendiang Paul Walker yang membintangi banyak film Hollywood ini, mempunyai rumah rahasia yang terdapat di pulau Mentawai. Yang paling menariknya, Paul pun menyebut pulau yang satu ini sebagai tempat paling indah di dunia.
  5. Memiliki Taman Nasional yang digunakan untuk cagar biosfer. Di salah satu pulau yang ada di Mentawai ini, tepatnya pulau Siberut terdapat sebuah taman nasional yang digunakan untuk cagar biosfer oleh pihak UNESCO. Di taman nasional ini menjadi rumah bagi satwa langka yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia seperti monyet dengan ekor babi dan tupai terbang.

Demikianlah beberapa fakta unik yang tersimpan di Kepulauan Mentawai. –SH–