Home Kesehatan

Ini Dia Posisi Tidur yang Bagus untuk Penderita Skoliosis

Dua posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita skoliosis. Yuk, terapkan di rumah!

208
0
SHARE

Apakah Anda menderita skoliosis? Atau, ada saudara Anda yang menderita penyakit tersebut? Jika ada, jangan disepelekan, ya, karena sekalipun skoliosis tergolong penyakit ringan, namun apabila penyakit ini tidak ditangani dengan baik ditakutkan nanti malah bisa membahayakan kesehatan. Dan membutuhkan penanganan lebih lanjut serta harus menggunakan Brace Skoliosis Indonesia untuk mempercepat proses penyembuhannya.

posisi tidur
source : klikdokter

Ya, seperti diketahui, skoliosis merupakan suatu kondisi di mana tulang belakang penderitanya melengkung seperti huruf C dan S. Biasanya, anak-anak lebih rentan diserang penyakit ini dan tak terkecuali orang dewasa juga banyak yang menderitanya. Khusus pada orang dewasa biasanya terdapat beberapa gejala dari skoliosis ini seperti ketidakmampuan untuk berdiri tegak, nyeri di bagian kaki, dan lain sebagainya.

Memang, penyebab kemunculan penyakit ini masih belum diketahui pasti, akan tetapi apabila diserang penyakit ini dan salah memosisikan tubuh, terutama saat tidur, maka akan menimbulkan sakit yang luar biasa. Untuk itu, supaya tidak memunculkan rasa sakit, berikut adalah 2 posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita skoliosis, yakni: (source: halodoc.com)

  1. Telentang

Melansir dari halodoc, tidur dengan posisi telentang disinyalir dapat membantu mengurangi rasa sakit yang muncul pada tulang belakang akibat skoliosis, khususnya lengkungan tersebut terjadi di tulang belakang bagian bawah. Caranya? Tinggal mengambil beberapa bantal berukuran kecil kemudian letakkan di punggung bagian bawah.

Jika terasa kurang nyaman, ambil lagi bantal lainnya dan letakkan di belakang leher atau menggantinya dengan handuk yang digulung. Dengan menggunakan bantal dan handuk ini maka bisa membantu menjaga tulang belakang agar tetap di posisi lurus sehingga ketika bangun tidak menimbulkan rasa sakit.

  1. Menyamping atau miring

Selain telentang, posisi lainnya yang dianjurkan untuk penderita skoliosis adalah menyamping atau miring. Tidak jauh berbeda dengan posisi telentang, saat tidur, penderita skoliosis juga wajib menambahkan bantal kecil untuk menyangga punggung. Kemudian, ambil lagi bantal lainnya dan posisikan bantal tersebut sebagai guling atau dijepit di antara kedua kaki.

Melakukan cara ini dipercaya dapat membantu tubuh membuka kanal tulang belakang sehingga nyeri dan sakit yang dirasakan pun bisa berkurang. Dan tidur juga menjadi lebih nyenyak serta mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Itu dia dua posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita skoliosis. Semoga bermanfaat dan selamat menerapkan, ya! –SH–