Home Berita

Ibu Hamil Tetap Waspada dengan Penyakit Ringan Ini

Waspada, penyakit ringan ini bisa menyerang ibu hamil pada masa kehamilan!

68
0
SHARE

Selama masa kehamilan, apakah Ibu sering dijangkiti oleh berbagai macam penyakit? Jika ya, maka Ibu harus waspada dengan penyakit tersebut. Mengapa? Sebab, saat tubuh diserang oleh penyakit baik berbahaya maupun ringan, maka tidak menutup kemungkinan akan langsung berdampak pada janin. Bisa saja, nantinya akibat penyakit ini malah dapat menghambat perkembangan janin di dalam rahim,  mengakibatkan janin lahir premature, dan bahkan menjadi salah satu penyebab keguguran pada trimester pertama kehamilan. Maka dari itu, agar Ibu tidak terserang penyakit, baiknya penuhi nutrisi dengan rutin konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda.

makanan sehat untuk ibu hamil muda
source : momjunction.com

Berbicara mengenai penyakit saat hamil, maka beberapa penyakit ringan ini ternyata acapkali menyerang ibu hamil, yakni diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Infeksi saluran kemih. Penyakit ringan yang harusnya selalu diwaspadai ibu hamil adalah infeksi saluran kemih. Munculnya penyakit ini bisa ditandai dengan adanya perasaan untuk selalu buang air kecil, nyeri pada saat berkemih, sekaligus merasa tidak puas ketika selesai buang air kecil. Nah, apabila Ibu diserang oleh penyakit ini, maka bisa mengobatinya dengan cara mengonsumsi antibiotik yang bisa didapatkan dari Dokter kandungan. Namun, apa yang terjadi jika penyakit ini tidak diobati? Dapat mengakibatkan bayi lahir dengan berat yang sangat rendah sekaligus berisiko lahir prematur.
  2. Keputihan. Keputihan merupakan salah satu penyakit ringan yang seringkali menyerang ibu hamil selama masa kehamilan. Biasanya, ciri keputihan normal adalah memiliki warna putih jernih, dan apabila menempel pada celana dalam berwarna kuning cerah. Namun, apabila keputihan ini merubah warna menjadi putih susu dan disertai dengan gatal pada area kewanitaaan, maka ini mungkin saja keputihan tidak normal dan patut diwaspadai ibu hamil. Apabila ibu diserang kondisi ini, segera periksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan penanganan.
  3. Anemia. Anemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada ibu hamil, akibat dari kekurangan sel darah merah. Saat penyakit ini menyerang, biasanya ibu hamil lebih mudah lelah padahal tidak melakukan banyak aktivitas. Untuk itu, apabila ibu diserang penyakit ini baiknya segera periksakan ke Dokter ataupun konsumsi suplemen yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin B, dan sebagainya.

Itulah beberapa penyakit ringan yang selalu menyerang ibu hamil pada masa kehamilan. –SH–